Hingga Awal April 2016

72 Warga Solsel Digigit Anjing Gila


Senin, 11 April 2016 - 04:11:46 WIB

SOLSEL, HALUAN — Dinas Kesehatan (Dinkes) Solok Selatan (Solsel) menyebutkan sepanjang 2016 hingga awal April telah menangani 72 kasus penderita gigitan anjing gila (rabies).

Hal itu dikatakan Ke­pala Dikes Solsel, Novir­man,saat ditemui Haluan, Jumat (8/4).

Dari 72 kasus tersebut terdiri dari 41 orang laki-laki dan 31 perempuan. Dengan lokasi kejadian terbanyak terdapat di Puskesmas Lu­buk Gadang, Kecamatan Sangir, dengan 30 kasus.

”Hingga awal april 20­16, ada 72 orang penderita gigitan anjing gila, dan me­reka  sudah diberi Vaksin Anti Rabies (VAR). Namun untuk kasus yang menda­patkan gigitan di area wajah akan diberikan Serum Anti Rabies (SAR),” ujar No­virman.

Ia mengimbau, kepada masyarakat untuk tetap ber­waspada apabila merasa telah tergigit anjing gila dan terluka usahakan luka itu dibersihkan langsung de­ngan sabun. “Kalau me­mang masih ragu, pergi saja ke pukesmas terdekat. Un­tuk diberikan penangganan khusus,” tuturnya.

Jika dibandingkan pada 2015. Penderita gigitan an­jing gila sebanyak 312 kasus dan telah meninggal dunia sebanyak dua orang. “Jika ditangani dengan cepat re­siko kematian akan bisa dihindarkan,”katanya.

Ia menyatakan, semua korban yang telah tergigit anjing gila tersebut dipas­tikan akan diberikan VAR atau SAR. Terutama bagi masya­rakat benar-benar terluka cukup lebar gigitan anjing. “Pastinya akan kita tanggani dengan baik, teru­tama yang benar-benar luka gigitan cu­kup lebar dan dalam atau luka di daerah kepala dan sekitarnya. VAR atau SAR itu akan dikasih dengan secara gratis,” ung­kapnya.

Saat ini ketersedian stok VAR sebanyak 35 unit yang merupakan sisa tahun 2015. Tapi menurutnya untuk 2016 pihaknya telah meng­anggar­kan sebanyak 400 unit VAR. (h/jef)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]