Densus Harus Pertanggungjawabkan Kematian Siyono


Senin, 11 April 2016 - 04:14:42 WIB

JAKARTA, HALUAN — Kadiv Propam Polri, Irjen Moc­ha­mad Iriawan me­ne­gaskan, saat ini proses pemeriksaan dugaan pelanggaran prosedur oleh Densus 88 terkait kematian terduga teroris Siyono masih berjalan.

Iriawan mengatakan, Pro­pam masih memeriksa be­berapa saksi. Karena itu, pi­hak­nya belum dapat me­laksanakan sidang internal terhadap anggota yang diduga melanggar prosedur.

“Mereka harus per­tang­gungjawabkan kesalahan pro­sedur dalam melaksanakan tugasnya di persidangan kode etik,” kata Iriawan melalui pesan singkatnya ke­pa­da republika, Minggu (10/4).

Polri akan melakukan pemberkasan terhadap ang­gota Densus 88 setelah semua proses pemeriksaan selesai dilakukan. Setelah itu, sidang kode etik profesi akan digelar. Sehingga sanksi bagi yang salah dapat diberikan.

Sebelumnya, Iriawan me­nyebutkan sudah ada tujuh anggota Densus 88 yang di­periksa. Tiga diantaranya yaitu dua pengawal Siyono dan seorang sopir saat Siyono dikatakan meninggal.

Selain itu, Propam juga sudah me­meriksa Kasatwil di daerah Jawa Tengah. Dari pemeriksaan mereka di­akui­nya ter­dapat kesalahan pro­sedur yang dilakukan, yaitu Siyono tidak diborgol. (h/rol)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 13 Maret 2020 - 11:05:00 WIB

    KIP Tolak Permohonan untuk Buka Data Operasi Densus 88

    KIP Tolak Permohonan untuk Buka Data Operasi Densus 88 JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Komisi Informasi Pusat (KIP) menolak permohonan LBH Jakarta melawan Polri dan Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror. Dalam permohonannya, LBH Jakarta meminta Polri membuka data operasi Densus 88 s.
  • Senin, 14 Oktober 2019 - 16:35:48 WIB

    Jaringan JAD Diobrak-abrik Densus 88, Buntut Penusukan Wiranto

    Jaringan JAD Diobrak-abrik Densus 88, Buntut Penusukan Wiranto JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Kasus penusukan Wiranto, Menkopolhukam RI, memicu Densus 88 Polri bergerak cepat mencari jaringan teroris pelaku kejahatan tersebut yakni JAD (Jamaah Ansharut Daulah). .
  • Kamis, 21 April 2016 - 02:15:44 WIB

    Kapolri Akui Anggota Densus Tendang Bagian Dada Siyono dengan Lutut

    Kapolri Akui Anggota Densus Tendang Bagian Dada Siyono dengan Lutut JAKARTA, Haluan — Ke­pala Kepolisian Republik In­donesia Badrodin Haiti me­ngakui bahwa ada anggota Detasemen Khusus 88 An­titeror yang menendang bagian dada terduga teroris Siyono saat dalam penahanan..
  • Sabtu, 09 April 2016 - 04:02:40 WIB

    Div Propam Periksa 7 Anggota Densus

    JAKARTA, HA­LU­AN — Kepala Divisi Profesi dan Pe­nga­manan (Ka­div­pro­pam) Polri Irjen M Iriawan m­en­ga­ta­kan pihaknya sudah memeriksa tujuh or­a­ng anggota Densus 88 Antiteror Polri atas kasus tewasnya terd.
  • Kamis, 17 Maret 2016 - 03:51:36 WIB
    Audit Kinerja Krusial

    Pemerintah Didesak Bubarkan Densus 88

    JAKARTA, HALUAN — Ki­ner­ja serta cara penindakan dan pencegahan terorisme yang dilakukan Detasemen Khu­sus Anti Teror 88 (Den­sus 88), masih berbuntut pan­­jang pada reaksi pel­bagai pihak. Di Solo, ke­lom­pok mas.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]