Penyaluran KUR di Sumbar Tinggi

Dinas UMKM Minta Debitur Jujur Kembalikan Kredit


Senin, 11 April 2016 - 04:18:50 WIB

PADANG, HALUAN — Dalam catatan Dinas Koperasi dan UMKM Sumbar, penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) di Sumbar oleh perbankan hingga Februari ini mencapai Rp1,25 triliun dari tiga bank pemerintah. Dinas tersebut menilai penyaluran KUR pada tahun ini tinggi dibandingkan periode yang sama pada tahun lalu.

Menurut Zirma Yusri, Plt Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Sumbar, ting­ginya penyaluran KUR ter­se­but karena kebijakan pe­me­rintah yang menetapkan bunga KUR 9 persen mulai tahun ini, yang lebih rendah dari tahun lalu, yakni sebe­sar 12 persen.

Dengan tingginya pe­nya­lu­ran KUR dan antusias ma­syarakat atau pelaku UM­KM untuk meminjam kre­dit, Zirma meng­ha­rap­kan pela­ku UMKM sema­kin kreatif dalam berusaha. Se­lain itu, ia berharap pela­ku UMKM untuk bersi­kap ju­­jur, dalam artian jujur me­ngem­balikan kredit ke­pa­da bank.

“Tingginya penyaluran KUR dengan bunga rendah ini berdampak sangat bagus bagi pelaku UMKM. De­ngan begini, pelaku UMKM selamat dari renteinir yang memberikan pinjaman de­ngan bunga tinggi. Kami harapkan, hal ini mengu­rangi jumlah renteinir di tengah masyarakat,” tutur Zirma Yusri kepada Haluan di Padang, Minggu (10/4).

Tiga bank plat merah yang menyalurkan KUR di Sumbar itu, kata Zirma Yusri, adalah BRI dengan penyaluran KUR sebanyak Rp1,055 triliun, dengan 52.543 debitur. Kemudian, BNI dengan Rp102 miliar KUR yang disalurkan kepa­da 480 debitur. Lalu, Bank Mandiri yang menyalurkan KUR sebesar Rp98 miliar untuk 2.225 debitur.

Selain bank milik pe­me­rin­tah, pihaknya juga meng­ha­rapkan Bank Na­gari un­tuk menyalurkan lebih ba­nyak KUR kepada pelaku UM­KM di provinsi ini. Ha­rapan itu karena KUR sa­ngat membantu pengem­ba­ngan UMKM sebab pela­ku UMKM sulit meme­roleh modal untuk mem­buka usa­ha. Per­kem­bangan UMKM ber­kaitan dengan produk do­mestik regional bruto (PD­RB) Sumbar, ka­re­na sum­ba­ngan sektor UM­­KM un­tuk PDRB Sum­bar men­capai 60 persen. (h/dib)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 25 Juni 2020 - 19:00:26 WIB

    Bank Nagari Cabang Pasar Pasar Raya Jalin Kerja Sama dengan Dinas Perdagangan Kota Padang untuk e-Retribusi Pasar

    Bank Nagari Cabang Pasar Pasar Raya Jalin Kerja Sama dengan Dinas Perdagangan Kota Padang untuk e-Retribusi Pasar HARIANHALUAN.COM - Bank Nagari Cabang Pasar Raya dan Dinas Perdagangan Kota Padang menjalin kerja sama dalam pengambilan retribusi pasar melalui aplikasi non tunai e-retribusi. Secara efektif, program ini akan mulai diimpleme.
  • Senin, 11 Mei 2020 - 21:36:16 WIB

    Pandemi Corona, Dinas Pertanian Jamin Stok Beras di Sumbar Aman

    Pandemi Corona, Dinas Pertanian Jamin Stok Beras di Sumbar Aman Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Sumbar menjamin stok beras untuk masyarakat tetap tersedia meski dalam situasi wabah virus corona (Covid-19). Pasalnya setiap tahun di provinsi itu terus mengalami surplus di .
  • Sabtu, 30 November 2019 - 10:27:59 WIB

    Siapa Penerus Dinasti Ciputra?

    Siapa Penerus Dinasti Ciputra? JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Pengusaha nasional Ciputra telah tiada. Pria yang memiliki kekayaan US$ 1,3 miliar atau Rp 18,2 triliun (kurs Rp 14.000) meninggalkan kerajaan bisnis ia bangun. Kerajaan bisnis itu antara lain Cipu.
  • Senin, 16 Oktober 2017 - 16:40:10 WIB

    44 Keltan Dapat Penyuluhan dan Monitoring dari Dinas Pertanian Solsel

    44 Keltan Dapat Penyuluhan dan Monitoring dari Dinas Pertanian Solsel SOLOK SELATAN, HARIANHALUAN.COM -- Dinas Pertanian Solok Selatan (Solsel) lakukan monitoring dan evaluasi (Monev) terhadap 44 kelompok tani (keltan) penerima bantuan pengembangan kawasan tanaman cabe dan bawang merah yang ter.
  • Selasa, 25 Oktober 2016 - 01:27:48 WIB
    TAMAN KULINER JADI PUSAT KULINER HALAL

    BNI Syariah Gandeng Dinas Pasar dan JES Sumbar

    BNI Syariah Gandeng Dinas Pasar dan JES Sumbar PADANG, HALUAN — Penetapan Sumatra Barat (Sumbar) sebagai destinasi wisata halal terbaik mendapat dukungan penuh dari berbagai elemen masyarakat di provinsi itu, apalagi wisata halal yang dimaksud sangat sesuai dengan adat .
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]