Buntut Pencabutan Konten di IndiHome, KPPU BisaTegur MNC


Senin, 11 April 2016 - 04:20:05 WIB
Buntut Pencabutan Konten di IndiHome, KPPU BisaTegur MNC DIREKTUR Consumer Telkom Dian Rachmawan.

JAKARTA, HALUAN — PT Telkom mengakui konten milik MNC Grup akan me­ninggalkan layanan UseeTV di IndiHome.

“Kabar tersebut benar. Ka­mi juga sudah me­ngu­mum­kan kepada pelanggan UseeTV. Senin, 11 April, tak ada lagi konten milik MNC se­perti siaran RCTI, MNC­TV, dan Global TV di Usee­TV,” ungkap Direktur Con­su­mer Telkom, Dian Rach­ma­wan kepada Haluan me­la­­lui WhatsApp, Minggu (10/4).

Dian membeberkan, pe­micu dicabutnya konten milik MNC Group karena tak ditemukan kata sepakat dalam upaya negosiasi bisnis yang dilakukan kedua belah pihak.

Pria yang dikenal seba­gai Panglima dari produk IndiHome ini mengaku tak galau dengan keluarnya konten milik MNC dari UseeTV.

“Tak ada masalah. Kami ganti dengan puluhan kon­ten lebih menarik. Sebentar lagi iFlix masuk UseeTV” sebutnya.

Meski demikian, Dian me­nyayangkan cara-cara MNC bereaksi kala nego­sia­si berujung buntu dengan me­manfaatkan jaringan me­dia massa yang dikelolanya un­tuk menyudutkan Indi­Home.

“Saya punya kliping beri­ta sejak tanggal 6 April lalu dari media yang mereka kelola pemberitananya mi­ring terhadap kami. Kalau begini, kami juga akan kaji kerja sama bisnis lainnya dengan mereka secara grup, termasuk menertibkan ka­bel-kabel milik MNC Play yang ketahuan menumpang tanpa izin di tiang milik Telkom,” tegasnya.

Dian mengimbau MNC Grup untuk tidak menerus­kan praktik persaingan tak sehat dengan cara mem­beritakan hal-hal yang bu­ruk, tentang IndiHome.

“Ini kalau di luar negeri sudah ditegur wasit persai­ngan usaha. Anda punya media, terus seenaknya me­nyerang kompetitor. Jangan begitu dong caranya ber­bisnis. Kami melihat mereka menyerang dengan pem­beritaan yang sudah basi, baik di jaringan TV maupun di sindikasi media online miliknya. Saya yakin Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) pun bisa menegur mereka tanpa kami harus melayangkan surat penga­duan, karena itu jelas prak­tik persaingan tak sehat,” tutup Dian. (h/dj)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]