Camat Agar Sosialisasikan Jarak Bangunan ke Jalan


Senin, 11 April 2016 - 04:31:15 WIB

PAINAN, HALUAN — Camat se - Pesisir Selatan diminta untuk mengingatkan masyarakat agar membangun rumah atau bangunan lainnya tidak terlalu dekat di pinggir jalan. Camat diminta serius untuk memfasilitasi atau memberikan pengertian kepada masyarakat tentang jarak ideal antara bangunan dan jalan sesuai dengan status jalan. jabatan

Wakil Bupati Pesisir Selatan Rusma Yul Anwar Minggu (10/4) menyebutkan, camat se Pesisir Selatan diminta proaktif mensosialisasikan standar teknis ini, agar tidak terjadi persoalan saat dilak­sana­kannya pembangunan jalan dimasa akan datang. “Memang ada kategorisasi jarak rumah dengan jalan. Disesuaikan dengan status jalan tersebut,” katanya.

Rusma Yul Anwar menyebutkan, bagi masyarakat yang ingin membangun ruko dan tempat tempat usahalainnya di pinggir jalan nasional dan jalan provinsi, jarak ideal dan sesuai dengan perhitungan teknis sekurang kurangnya adalah 14 meter dari tengah jalan. “Sementara di jalan kabupaten jarak ideal minimal 12 meter dari as atau sumbu jalan,” katanya.

Begitu pula dengan jalan nagari dan kampung. Menurut Rusma, tidak tertutup kemungkinan akan ditingkatkan statusnya menjadi jalan utama. Maka sebelum itu terjadi, jarak bangunan dari as jalan minimal juga 12 meter. (har)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]