Lembaga Dakwah Kampus Undang Azzam ke IAIN


Senin, 11 April 2016 - 04:39:40 WIB
Lembaga Dakwah Kampus  Undang Azzam ke IAIN Lembaga Dakwah Kampus (LDK) AR-Ruhul Jadid IAIN Batusangkar memberikan kenang-kenangan kepada Kholidi Assadil Alam pemeran Azzam di film Ketika Cinta Bertasbih saat menjadi narasumber dalam talkshow Agama, Pemuda dan Karakter Bangsa, Jumat (8/4).

BATUSANGKAR, HALUAN —Du­nia pendidikan khususnya kampus me­miliki peran yang cukup strategis dalam melakukan perbaikan dan perubahan, terutama pada generasi penerus bangsa. Untuk itu, Lembaga Dakwah Kampus (LDK) AR-Ruhul Jadid IAIN Batusangkar kini tampil dengan tujuan untuk memberikan solusi atas permasalahan yang bany­ak melanda generasi penerus bangsa ini.

LDK AR-Ruhul Jadid IAIN Batusangkar gelar talk show nasional, Jumat (8/4), dengan mengusung tema Agama, Pemuda dan Karakter Bangsa yang direalisasikan melalui serangkaian kegiatan seperti dialog langsung bersama narasumber Kho­lidi Assadil Alam dan Ketua MUI Kabupaten Tanah Datar Syukri Iska melalui Ketua I Bidang Fatwa dan Hukum MUI Kabupaten Tanah Datar Ustad Arif dengan solusi ditawarkan yakni pada perubahan pola pikir dan kepedulian antar sesama.

Menurut Rektor IAIN Batu­sangkar Kasmuri melalui Wakil Pimpinan Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga Desmita, kegiatan yang dilakukan ini karena LDK langsung menunjukkan peran untuk generasi muda.

Berbicara tentang agama dan pemuda, ia mengatakan agama bu­kan­lah sebuah simbol tapi dalam tingkat perguruan tinggi, agama adalah sebuah makna. Untuk itu perlu dalam tingkat perguruan tinggi mahasiswa harus memaknai agama dalam konteks yang penuh dengan kestabillan.

“Sedangkan pemuda saat ini banyak terjadi pergeseran. Banyak sekali pemuda yang terpengaruh oleh teknologi yang canggih. Ada yang larut dengan teknologi dan ada yang tidak mau tahu dengan teknologi dan ada yang mampu memfilter, me­manfaat­kan teknologi secara positif. Apabila pemuda tidak me­manfaat­kan teknologi dengan baik maka jelas sekali dapat berdampak terhadap karakter bangsa,” jelasnya.

Lebih lanjut, Desmita men­jelas­kan, persoalan LGBT saat ini harus menjadi perhatian bersama.

“Hari ini, tertompang harapan kami kepada seluruh mahasiswa lembaga dakwah kampus yang se­bagai tombak utama di kampus untuk bisa mengalakkan pening­katan, pengembangan moral bangsa di kampus ini dan di bangsa Indo­nesia secara umumnya,” harapnya.

Sementara itu, saat diskusi lang­sung dengan kedua narasumber Kholidi Assadil Alam dan Ustad Arif mengharapkan dakwah syiar dan diskusi ilmu ini bermanfaat dan membuat pendengarnya menjadi pribadi yang lebih baik.

“Kita dakwah tidak hanya untuk diri sendiri tapi juga mengajak orang dari luar untuk mencintai agama Islam yakni melalui kegiatan positif seperti ini. Pemuda hari ini harus membuka mata tentang per­kem­bangan zaman atau arus globalisasi. Terutama bidang teknologi yang bisa menjadi musuh dan teman. Jadi lakukanlah hal yang bermanfaat dan dapat menguntungkan diri kita sen­diri,” ucapnya.

Kholidi Assadil Alam yang juga pemeran Utama dalam Film Ketika Cinta Bertasbih yang dikenal dengan Azzam menambahkan, muslim dan muslimah itu harus mewujudkan karakter yang sebenarnya.

“Bisa jadi melalui pakaian mau­pun melalui sikap dan prilaku teru­tama prinsip dalam hidup kita,” ujarnya. (h/fma)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 04 Juni 2020 - 18:32:38 WIB

    Lembaga SNRC: Andre Rosiade Tokoh Sumbar yang Berpengaruh

    Lembaga SNRC: Andre Rosiade Tokoh Sumbar yang Berpengaruh HARIANHALUAN.COM -- Tokoh muda Sumatera Barat, Andre Rosiade kembali menjadi sorotan. Melalui riset Survey Nasional Research Center (SNRC) nama Andre muncul sebagai tokoh Sumbar paling berpengaruh..
  • Jumat, 24 April 2020 - 12:13:21 WIB

    Lembaga Kemasyarakatan Diharapkan Aktif Awasi Dana Desa di Sumbar

    Lembaga Kemasyarakatan Diharapkan Aktif Awasi Dana Desa di Sumbar PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Sumbar menyatakan bahwa Lembaga Kemasyarakatan memiliki fungsi yang strategis dalam pembangunan dan pemberdayaan di Desa, kalau di Sumbar tentu Nagari..
  • Kamis, 21 Februari 2019 - 12:37:32 WIB

    BLK Padang Tingkatkan Kompetensi Instruktur Lembaga Pelatihan Swasta

    BLK Padang Tingkatkan Kompetensi Instruktur Lembaga Pelatihan Swasta PADANG, HARIANHALUAN.COM--Balai Latihan Kerja (BLK) Padang menggelar pelatihan metodologi instruktur lembaga pelatihan swasta angkatan I ( satu) , 6-19 Februari 2019 di Padang. .
  • Jumat, 09 Desember 2016 - 01:05:35 WIB
    PASCASARJANA IAIN BUKITTINGGI

    Perkuat Fungsi Lembaga Keuangan Syariah

    Perkuat Fungsi Lembaga Keuangan Syariah BUKITTINGGI, HALUAN — Pascasarjana IAIN Bukit­tinggi gelar seminar nasional dengan tema Memperkuat Lem­baga Keuangan Syariah Dalam Menghadapi Pasar Bebas ASE­AN, di Kampus I IAIN Buki­t­tinggi, Kamis (8/12)..
  • Jumat, 10 Juni 2016 - 16:22:33 WIB

    Rp4,38 Miliar Dana BOP untuk 288 Lembaga PAUD Pariaman Cair Akhir Juni

    Rp4,38 Miliar Dana BOP untuk 288 Lembaga PAUD Pariaman Cair Akhir Juni PADANGPARIAMAN, HALUAN -- Lebih dari 288 Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Kabupaten Padang Pariaman tahun 2016, bakal mendapat dana BOP dari pusat yang diperkirakan cair akhir Juni ini..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]