Besok, Naskah UN SMP Sampai di Padang


Senin, 11 April 2016 - 04:43:10 WIB

PADANG, HALUAN — Satu hari lagi, naskah Ujian Nasional (UN) tingkat Sekolah Me­neng­ah Pertama (SMP) akan sampai ke gudang Dinas Pendidikan Provinsi Sumbar. Per­ce­takan naskah UN PT Pura Parutama Kudus Jawa Tengah akan mendistribusikan ke Sumbar dengan pengawalan pihak kepolisian.

Sekretaris Panitia Ujian Nasional Irman menga­ta­kan,  pendistribusian su­dah dimulai sejak Jumat (8/4) lalu dakan diharapkan sam­pai di gudang pada Se­lasa (12/4) mendatang. Ia juga mengatakan, seminggu men­jelang hari H, pihaknya akan mendistribusikan nas­kah UN terlebih dahulu ke Kabu­paten Kepulauan Me­n­­tawai. UN SMP sendiri akan di­mulai 9-12 Mei 2016.

“Untuk 18 kabupaten kota daratan, rencananya akan didistribusikan tanggal 4 Mei untuk tujuh kota dan 5 Mei untuk 11 kabupaten. Untuk pengawasan soal dari Kudus ke provinsi dikawal oleh Polda Jawa Tengah, dan nanti akan diserahkan juga pada Polda Sumbar pas sam­pai di sini,” ujarnya saat menghadiri pembukaan Oli­­m­piade Sains Nasional (OSN) tingkat SMP di Basko Hotel, Jumat (8/4).

OSN

Diketahui, jumlah pe­ser­ta OSN tingkat SMP di Sumbar sebanyak 247 orang yang terdiri dari siswa SMP, MTS Negeri dan Swasta di Sumbar. Untuk peserta ma­ta pelajaran matematika berjumlah 57 orang, IPA 57 orang, dan IP 57 orang siswa, pada proses pelak­sanaan siswa akan didam­pingi oleh 57 guru pen­dam­ping, dan official 57 orang.

Kepala Dinas Pen­didi­kan Sumbar Syamsurizal mengatakan, untuk target pada Olimpiade Sains Na­sional (OSN) SMP kali ini ia berharap Sumbar dapat membawa mendali emas. Karena ia yakin peserta akan mampu mewujudkan­nya, berkaca dari tahun sebelumnya OSN yang di­lak­sanakan di Palu Sumbar dapat membawa perak.

Setelah pelaksanaan OSN tingkat provinsi ini para pemenang akan maju ke tingkat nasional yang akan diselenggarakan para tanggal 15-21 Mai 2016 di Palem­bang. Menurutnya, banyak siswa di Sumbar yang ber­po­tensi untuk berbagai bidang namun kendalanya hanya faktor motivasi yang masih kurang dari pihak sekolah.

“Sebenarnya anak-anak kita ini semuanya pintar, cuma kurang penguatan saja dari guru dan sekolah. Nah, hal ini yang perlu di­persiap­kan oleh semua sekolah agar potensi anak tergali lagi,” ulasnya.

Ia juga mengatakan, un­tuk penguatan potensi itu kabupaten kota mesti men­yiap­kan dana karena tidak cukup dengan hanya me­ngan­dalkan dana dari seko­lah saja. Jadi, hal ini penting dan mesti dibangkitkan lagi karena sebelumnya delapan orang siswa yang mengikuti lomba kebumian SMA ta­hun 2014 dan enam orang diantaranya membawa mendali.

“Kesungguhan pihak se­ko­lah sangat diharapkan, karena dengan demikian akan memacu peningkatan prestasi siswa,” ujarnya. (h/rin)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 14 Mei 2020 - 20:48:16 WIB

    Jumat Besok, Taspen Cabang Padang Cairkan THR Pensiunan Rp132 Miliar

    Jumat Besok, Taspen Cabang Padang Cairkan THR Pensiunan Rp132 Miliar HarianHaluan.com - Kabar terbaru bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) atau Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan anggota TNI/Polri sebagaimana diungkapkan Menteri Keuangan Sri Mulyani bahwa Tunjangan Hari Raya (THR) Tahun 2020 akan dila.
  • Rabu, 22 April 2020 - 21:06:44 WIB

    Besok, Jamaah Naqsabandiyah di Padang Mulai Puasa

    Besok, Jamaah Naqsabandiyah di Padang Mulai Puasa PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Ratusan jemaah Naqsabandiyah di Kota Padang mulai melaksanakan ibadah puasa Ramadan 1441 Hijriah pada Kamis (23/4/2020). Pada Rabu (22/4/2020) malam, mereka pun sudah mulai menggelar salat Tarawih.
  • Rabu, 08 November 2017 - 01:07:53 WIB
    PASAR BELIMBING SELESAI SATU BLOK

    Besok, Ditempati 94 Pedagang

    Besok, Ditempati 94 Pedagang PADANG, HALUAN - Sebanyak 94 pedagang di Pasar Belimbing diloting, Selasa (7/11). Loting tersebut khusus untuk pedagang yang ditempatkan pada bangunan yang telah selesai dibuat satu blok..
  • Ahad, 09 Juli 2017 - 18:32:11 WIB

    Besok, Ketua DPRD Padang yang Baru Dilantik

    Besok, Ketua DPRD Padang yang Baru Dilantik PADANG, HALUAN -- Hari ini Senin (10/7), Ketua DPRD Kota Padang yang baru Elly Thrisyanti bakal dilantik menggantikan Ketua DPRD Kota Padang yang lama Erisman dalam Sidang Paripurna Istimewa..
  • Jumat, 18 November 2016 - 00:54:42 WIB
    PENGAMBILAN API DI PARIANGAN

    Besok, Porprov XIV Ditabuh

    Besok, Porprov XIV Ditabuh PADANG, HALUAN—Pekan Olah Raga Provinsi (Porprov) XIV ditabuh besok, Sabtu (19/11) di Kota Padang. Sesuai tradisi, rangkaian pembukaan didahului prosesi pengambilan api Porprov di Nagari Pa­ria­ngan, Kabupaten Tanah Datar.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]