Walikota Minta SMAK Padang Tingkatkan Daya Tampung


Senin, 11 April 2016 - 04:44:07 WIB
Walikota Minta SMAK Padang Tingkatkan Daya Tampung Kepala SMAK Padang Dra Sih Parmawati, MM bersama guru-guru saat mengunjungi Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah didampingi Kepala Bidang Pendidikan Menengah Dinas Pendidikan Kota Padang Barlius, Sabtu (9/4) malam.

PADANG, HALUAN —Lu­lusan Sekolah Menengah Ana­lisis Kimia (SMAK) Padang semakin menjadi incaran du­nia industri di Indonesia. SMK dibawah naungan Ke­menteri­an Perindustrian ini berhasil mempersiapkan lulusannya sesuai kebutuhan dunia kerja. Hampir 90 persen lulusannya diserap perusahaan ternama di Indonesia, sisanya bekerja di luar negeri dan melanjutkan ke perguruan tinggi.

Walikota Padang H Mah­yeldi Datuak Marajo pun ber­keinginan agar sekolah ini ditambah daya tampungnya supaya bisa mengakomodir lebih banyak siswa dan meng­hasilkan lebih banyak lulusan andal.  Setidaknya hal ini akan mengurangi tingkat pengang­guran sekaligus menyediakan tenaga kerja produktif yang berkualitas di Kota Padang.

“Karena kebijakan ada pada Kementerian Perindustrian, saya akan meminta langsung untuk penambahan lokal be­lajar,” ujarnya saat menerima kunjungan Kepala SMAK Pa­dang bersama beberapa majelis guru sekolah tersebut di rumah Dinas Walikota  Jalan A Yani, Sabtu (9/4) malam.

Menurut Walikota, sekolah yang melahirkan lulusan siap kerja seperti SMAK Padang sangat dibutuhkan guna me­nga­tasi permasalahan pengang­guran. Terlebih, lulusannya sudah me­ngan­tongi sertifikat kompetensi sehingga memiliki daya saing tinggi di era Masya­ra­kat Eko­nomi ASEAN (MEA).

“Apalagi SMAK Padang sudah mempunyai jaringan dan kemitraan yang luas dengan dunia industri, baik di dalam negeri maupun di man­ca­ne­gara. Untuk itu kami meng­harap­kan sekolah ini me­nam­bah kuota penerimaan siswa­nya,” tukas Wako.

Sementara itu, Kepala SM­AK Padang Dra Sih Par­ma­wati, MM mengamini keingi­nan kepala daerah tersebut. Ia menilai walikota yang sangat besar perhatiannya terhadap pen­didi­kan, juga selalu me­n­gikuti per­kem­ba­ng­an sekolah yang dipimpinnya. Ke­ingi­nan untuk me­n­­jadikan SMAK Pa­­dang bisa me­lahirkan lebih ban­yak lulusan ber­ku­a­litas merupakan apresiasi.

“Jika walikota berkenan me­ngu­sulkan langsung ke kemen­terian (Ke­men­trian Perindus­trian) untuk penam­bahan lo­kal, tentunya kami menyambut positif hal ini,” sebutnya.

Sih Parmawati menga­ta­kan, permintaan Walikota Pa­dang menambah ruang belajar supaya menampung siswa le­bih banyak tentunya karena tingginya minat siswa serta animo masyarakat terhadap sekolah yang menerapkan ma­sa pembelajaran selama empat tahun ini.

Dimana siswa yang lulus, sudah bukan terhitung di ba­wah umur lagi. Ditambah lagi merekapun sudah mengan­tongi sertifikat dan ber­kom­ petensi pula. (h/mg-ysn)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]