TNI AU Tambah F-16 di Pekanbaru


Senin, 11 April 2016 - 04:48:27 WIB

PEKANBARU, HALUAN — Pangkalan Udara Roes­min Nurjadin Pekanbaru akan meng­ope­rasikan sejumlah pesawat F16 pada tahun 2017 mendatang. Saat ini, proses keda­tangan pesawat F16 untuk melengkapi alat utama sistem persenjataan pada Skadron Udara XVI terus dilakukan hingga akhir tahun 2016 mendatang.

 Demikian diungkapkan Komandan Pangkalan Uda­ra (Danlanud) Roesmin Nurjadin Pekanbaru Mar­sekal Pertama Henri Alfian­di, di sela-sela perayaan Hari Ulang Tahun Tentara Nasional Indonesia Angka­tan Udara ke-70 di Lanud Roesmin Nurjadin Pekan­baru, Sabtu (9/4) kemarin.

“Pesawat F16 rencana utuhnya akan berhenti ber­da­tangan pada akhir 2016. Dan siap operasional pada 2017,” ungkap Henri.

Lebih lanjut Danlanud menyebut kalau secara kese­lu­ruhan akan ada penam­bahan 24 pesawat F16 hing­ga akhir tahun. Nantinya ke 24 pesawat itu selain mem­perkuat Skadron XVI juga Skadron Udara III Iswah­yudi, Jawa Timur.

“Sekarang (di Lanud Roesmin Nurjadin Pekan­baru) ada tujuh unit F16. Tambah lagi sampai 24 unit. Nanti dibagi dan sisanya dijadikan satu di Skadron Udara III,” jelas Marsma Henri Alfiandi.

Dijelaskan Henri, keda­tangan pesawat tempur bua­tan Amerika Serikat terse­but terus dilakukan meski ada beberapa hambatan. Hambatan itu diantaranya adalah produksi komponen. Namun dipastikannya, Ska­dron Udara 16 yang ada di Lanud Roesmin Nurjadi Pekanbaru saat ini akan ditambah dan diperkuat dengan rencana kedatangan puluhan pesawat canggih tersebut pada awal 2017.

 “Proses terus berjalan, walaupun ada hambatan namun tidak menghalangi perencanaan kita karena telah kita perhitungkan semuanya,” lanjutnya.

Dalam kesempatan terse­but, Henri menyebut kalau momen HUT TNI AU ke-70 ini menjadi waktu tepat untuk meningkatkan alutsista dan modernisasi angkatan. “Kta memiliki peningkatan signifikan, ter­utama pengadaan alutsista dan modernisasi angkatan. itu yang saya lihat secara fakta,” sebutnya.

Saat ini, kata Henri, Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru telah memiliki dua skadron pesawat tem­pur sejalan dengan pening­katan status Lanud tersebut dari Tipe B menjadi Tipe A pada Agustus 2015 lalu.  (hr/dod)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 10 Februari 2020 - 13:33:07 WIB

    Cap Go Meh 2020 Sukses, Perayaan Multi Etnik harus Berlanjut

    Cap Go Meh 2020 Sukses, Perayaan Multi Etnik harus Berlanjut PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Ribuan warga tumpah ruah di kawasan Jembatan Siti Nurbaya, PadanG, Sabtu (8/2) sore lalu. Mereka sengaja datang untuk menyaksikan berbagai atraksi kesenian budaya multi etnik yang khusus diselengga.
  • Rabu, 17 Mei 2017 - 02:03:09 WIB

    TNI AL Tangkap Kapal Pengangkut TKI Ilegal

    BATAM, HALUAN - Tim Western Fleet Quick Response (WFQR) IV Satgas Barelang 17 mengamankan sebuah kapal berisi 14 TKI dan dua ABK yang hendak pulang ke Indonesia melalui jalur ilegal..
  • Jumat, 11 November 2016 - 00:21:48 WIB

    Pembebasan Lahan Tol Pekanbaru-Dumai, TNI Ambil Bagian

    SIAK, HALUAN — Koramil 09/Minas Siak, Riau memfasilitasi pembebasan lahan warga setempat yang terkena pembangun jalan tol Pekanbaru-Dumai. .
  • Jumat, 14 Oktober 2016 - 01:12:20 WIB

    Oknum Diduga TNI dan Lima Wanita Terjaring Razia

    Oknum Diduga TNI dan Lima Wanita Terjaring Razia PEKANBARU, HALUAN — Oknum diduga TNI terjaring razia yang digelar Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Riau, Satpol PP Riau dan Polisi Militer (POM) di salah satu kos kawasan Jondul, Kota Pekan­baru, Riau.
  • Rabu, 24 Agustus 2016 - 04:52:31 WIB
    Sekujur Tubuh Pratu Wahyudi Terbakar

    Prajurit TNI Hilang Usai Padamkan Api Ditemukan Tewas

    Prajurit TNI Hilang Usai Padamkan Api Ditemukan Tewas PEKANBARU, HALUAN — Pratu Wahyudi anggota TNI AD yang hilang sejak usai bertugas memadamkan api di Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) Riau, Rabu (23/8), ditemukan sudah mening­gal. Saat ditemukan, tubuh korban dipenuhi luka bak.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]