Besok, Presiden Jokowi Buka MNEK 2016

Pengamanan RI-1 Libatkan 3.628 Personel


Senin, 11 April 2016 - 04:52:59 WIB
Pengamanan RI-1 Libatkan 3.628 Personel Panglima Kodam I Bukit Barisan (Pangdam I BB), Mayjen Lodewyk Pusung meninjau kesiapan pasukan gabungan pengamanan Presiden RI Joko Widodo, di Lapangan Imam Bonjol Padang, Minggu (10/4). (RIVO SEPTI ANDRIES)

Pengamanan Pre­siden Joko Widodo di Padang melibatkan 3.628 personel. Besok, Kepala Ne­gara dijadwalkan membuka MNEK 2016 dan meresmikan Tugu Perdamaian di Muaro Lasak.

PADANG, HALUAN—Jika tak ada aral melintang, Pre­siden RI Joko Widodo (Jo­kowi) akan membuka iven Multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK) 2016, Selasa (12/4) di Padang.

Kepala Biro Humas Pro­­vinsi Sumbar Irwan me­ngatakan, rencana tersebut sampai saat ini belum ada perubahan. Presiden Jokowi akan  meresmikan Tugu Perdamaian di Muaro La­sak. Sejumlah kepala daerah mulai dari gubernur hingga bupati dan walikota rencananya juga akan hadir.

Sementara itu, Pemerintah Kota Padang sebagai leading sektor dari kegiatan ini juga sudah mem­per­siapkan keda­tangan Presiden Joko Widodo ke Padang. Sekretaris Daerah Kota Padang, Nasir Ahmad me­nyam­paikan, in­for­masi yang diteri­manya,  presiden akan men­darat Senin malam di BIM.

“Presiden akan hadir mem­buka Sail Komodo dan meres­mikan Tugu Perdamaian di Mua­ro Lasak,” kata Sekda Nasir Ahmad di Padang, Minggu (10/4) kemarin.

Disebutkan Nasir Ahmad, Pre­si­den akan bermalam di Wisma PT Semen Padang Inda­rung. “Kedata­ngannya disambut tari gelombang,” tukas Sekda.

Selasa (12/4) pagi, Presiden dijadwalkan membuka MNEK 2016 di Makodam Lantamal II Teluk Bayur Padang. Di sini, selain membuka kegiatan Sail Komodo, Presiden akan disuguhi tari massal.

“Tari massal disiapkan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata,” terang Sekda.  Presiden juga dijadwalkan meresmikan Tugu Perdamaian di Pantai Muaro Lasak, Padang dengan menan­datangani prasasti tugu ter­sebut pada pukul 12.45 WIB.

“Kegiatan ini cukup penting, dalam acara ini tidak ada sam­butan dari Presiden. Setelah meresmikan, Presiden bertolak menuju Jakarta,” ungkap Sekda.

Agenda MNEK 2016 dari 12-16 April terbilang cukup padat. Pada Selasa (12/4) juga digelar lomba selaju sampan interna­sional yang dimulai pukul 09.00 WIB di Banjir Kanal.

Di waktu yang hampir bersa­maan juga digelar ‘Joy Sailing’ yang diikuti 500 siswa SMA/SMK Kota Padang. Mereka me­naiki KRI yang telah disiapkan di Teluk Bayur. “Selain itu juga ada parade 100 perahu,” tutur Sekda.

Selain itu di waktu yang sama dan tempat berbeda, digelar ‘City Tour’. Agenda ini diikuti 20 istri Kepala Staf Angkatan Laut dari berbagai negara yang hadir pada Sail Komodo 2016. “Mereka akan berkunjung ke Museum Adit­ya­warnan, Jembatan Siti Nurbaya, Masjid Raya Sumbar, serta Ke­lenteng. Khusus di Mu­seum Adity­warman, seluruh isteri akan menge­nakan pakaian adat Minangkabau dan berfoto ber­sama,” kata Sekda.

Siang harinya pukul 14.30 WIB digelar Kirab Kota. Peserta kirab yang merupakan seluruh prajurit seluruh negara peserta akan berjalan dari Kantor Gu­bernur menuju Pantai Cimpago. “Malam harinya akan ada galla dinner di Hotel Grand Inna Muara,” katanya.

Esoknya, Rabu (13/4), pe­serta MNEK 2016 mengikuti lomba memasak rendang. Kali ini koki seluruh negara peserta akan me­masak rendang ikan tuna. “Acara ini digelar di Pantai Cimpago. 100 tungku sudah disiapkan,” tambah Nasir Ahmad.

Siang harinya digelar eksebisi selaju sampan prajurit TNI AL sekaligus final antarklub di Ban­jir Kanal. Begitu juga eksebisi sepak­bola pantai di Muaro La­sak. “Kegia­tan ini sengaja kita gelar untuk memupuk rasa keber­samaan,” ujar Nasir Ahmad.

Pada malamnya juga digelar galla dinner di Hotel Bumi Mi­nang. “Di sini dilakukan penye­rahan cenderamata kepada para Kasal,” sebut Sekda.  Kamis (14/4) pagi digelar funbike yang diikuti warga dan Kasal. Fun bike ini mengambil start di Muaro dan finish di Pantai Cimpago. “MNEK 2016 ditutup di Men­tawai pada 16 April,” pungkas Sekda.

3.628 Personel

Menjelang kedatangan Pre­siden RI Joko Widodo di Kota Padang, pengamanan pun mulai diting­katkan. Sekitar 3.628 per­sonel dari TNI, Polri dan instansi lainnya ikut mengamankan ke­datangan orang nomor satu di Indonesia itu.

Panglima Kodam I Bukit Bari­san (Pangdam I BB) Mayjen Lo­dewyk Pusung saat meninjau persia­pan pasukan gabungan di Lapangan Imam Bonjol, Padang, Minggu (10/4) mengatakan, personel keamanan harus siap untuk menyukseskan acara. Ko­or­dinasi antara pihak kemanan harus ditingkatkan, agar saat acara bisa berjalan lancar.

“Dalam tugas pengamanan ini personel harus tahu tanggung jawab­nya di masing masing wila­yah tugas. Semua dibagi menurut tim, ada yang di ring satu, ring dua dan tiga,” terang Jenderal bintang dua itu.

Ia menambahkan, setiap ko­man­dan tim, harus mengenal batas antara ring satu, dua dan tiga. Hal tersebut dilakukan untuk mem­perjelas letak tang­gung jawab pe­ngamanan.

“Harus tahu batas antara ring, Kordinasi antara personil jangan terhalang. Baik itu antara Marinir dengan Polisi, Korem dengan ins­tansi lain atau yang lainnya,” terang mantan Pangdivif I Kostrad itu.

Lebih lanjut Lodewyk Pusung menjelaskan, personel akan di­tem­­patkan di titik atau wilayah yang dianggap rawan. Pasukan yang bertugas mempunyai keah­lian masing masing, salah satunya inte­lijen, raider, dan keahlian lainnya. Sementara untuk penga­manan ten­tara asing atau tamu dari negara lain akan dikawal oleh TNI AL melalui Kopaska.

Komandan Satuan Kopaska Armabar, Kolonel Laut (E) Mo­nang H Sitompul pada Jumat (8/4) menjelaskan, pengamanan dari Kopaska bertugas mengamankan tamu VVIP seperti petinggi negara asing dan penjagaan kapal.

“Pada tanggal 12-16 April itu, semua Kepala Staf Angkatan Laut dari berbagai negara akan datang ke Padang. Untuk itu perlu penga­manan terutama di laut,” terangnya.

Sementara itu, Polda Sumbar menerjunkan sedikitnya 1.165 personel yang terdiri dari 715 personel dari Polda Sumbar, 300 dari Polresta Padang dan 150 personel dari Polres Padang Pa­riaman.

“Para personel kepolisian akan mengamankan kedatangan RI-1  selama berkunjung ke Kota Padang dalam rangkaian acara Sail Ko­modo 2016,” kata Kabid Humas AKBP Syamsi kepada Haluan.

Syamsi mengatakan, selama kedatangan Presiden RI, pihak­nya akan mensterilkan arus lalu lintas yang berada di sekitar Pantai Pa­dang, terutama yang berada di sekitar Muaro Lasak.

“Karena di tempat tersebut Presiden juga dijadwalkan akan meresmikan Monumen Perda­maian di Muaro Lasak. Untuk itu, jika  Presiden jadi meres­mikan tempat tersebut semua kendaraan yang melintas di seki­ta Pantai Padang dan Muaro Lasak akan dialihkan ke Jalan Veteran dan berbagai jalan alter­natif yang ada di Kota Padang, seperti di kawasan Raden Saleh dan Jalan Khatib Sulaiman,” tutur Syamsi.

Tidak hanya mensterilkan jala­nan di sekitaran Pantai Pa­dang dan Muaro Lasak, Syamsi juga memas­tikan bahwa pihaknya akan menga­mankan arus lalu lintas selama Presiden berada di Kota Padang.

“Dimulai dari Bandara Inter­nasional Minangkabau (BIM), jalanan akan dialihkan terlebih dahulu untuk sementara. Untuk arus jalanan yang lain itu sifatnya tentatif untuk dilaihkan tergan­tung dari jalan yang akan dilewati oleh simbol negara ini,” tam­bahnya.

Sementara itu, pihak Koman­do Resor Militer (Korem) 032 Wira­braja melalu Kepala Pene­rangan Korem (Kapenrem), Mayor Ka­valeri Deswanto saat dihubungi Haluan mengatakan bahwa pihak­nya sudah menggelar apel gelar pasukan untuk menge­tahui kesiapan dari masing-masing satuan tugas pengamanan (Satgaspam).

“Apel Gelar Pasukan dilaksa­nakan untuk mengetahui kesiapan dari masing-masing Satgaspam, baik personel dan materil penga­manan serta sarana pendukung lainnya yang merupakan totalitas kesiapan di bidang pengamanan,” imbuh Deswanto. (h/ows/mg-adl/rvo)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 27 Desember 2018 - 11:15:01 WIB

    Pengamanan Tahun Baru, 350 Personel Satpol PP Diturunkan

    Pengamanan Tahun Baru, 350 Personel Satpol PP Diturunkan PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Padang menurunkan 350 personel dalam pengamanan pergantian tahun baru 2019. Selain pengamanan, petugas juga akan melakukan razia di tempat-tempat rawan maksia.
  • Rabu, 02 November 2016 - 01:33:01 WIB
    RAKER KOMISI I DPRD SUMBAR

    Anggaran Pengamanan untuk Pejabat Tak Memadai

    Anggaran Pengamanan untuk Pejabat Tak Memadai PADANG, HALUAN — Guna mensinergikan program peme­rintah pusat dengan daerah, Ko­misi I DPRD Sumbar meng­gelar rapat kerja (raker) dengan forum komunikasi pemerintah daerah (Forkopimda) dan instan­si vertikal lain yang a.
  • Jumat, 21 Agustus 2015 - 20:09:26 WIB

    Ribuan Pasukan Pengamanan Dikerahkan

    WAPRES ENAM JAM DI PADANG

    Wakil Presiden Jusuf Kalla dijadwalkan akan melakukan serangkaian agenda dalam kunjungan singkatnya ke Padang.

  • Rabu, 17 Juni 2015 - 18:33:50 WIB

    Anggaran Pengamanan Pilkada Belum Ada

    PADANG, HALUAN — Ko­misi Pemilihan Umum (KPU), Badan Pengawas Pemilu (Ba­waslu), serta Polda Sumatera Barat (Sumbar) melakukan pertemuan dan koordinasi terkait dengan belum adanya anggaran pengamanan Pilkada di kediama.

  • Selasa, 16 Juni 2015 - 18:37:30 WIB

    Hari Ini, Gelar Pasukan Pengamanan Balimau

    PADANG, HALUAN — Hari ini (17/6), Polresta Padang gelar pasukan di Mapolresta Padang. Gelar pasukan tersebut dalam rangka pengamanan tradisi balimau menyambut bulan Ramadan.

    Pengamanan balimau tersebut dikerahkan.

  • KANTOR PUSAT:
    Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
    Email: [email protected]