40 Pembina Pramuka Ikuti Kursus Mahir Dasar


Senin, 11 April 2016 - 12:06:34 WIB

SAWAHLUNTO, HALUAN — Sebanyak 40 orang Pembina Pramuka utusan dari gugus depan (Gudep) dan Satuan Karya (Saka)  akan mengikuti Kursus Mahir Dasar (KMD) Pembina yang digelar Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kota Sawahlunto Jumat–Ming­gu (22-2/4). KMD tersebut dipusatkan di sanggar kegiatan belajar setempat.

Wakil Ketua Bidang Pembinaan Ang­gota Dewasa (Binawasa) Kwarcab Pra­muka Sawahlunto Refjhon menyebutkan, kegia­tan itu merupakan wadah peningkatan kualitas Pembina Pramuka, sehingga pola pem­binaan dan pengembangan pen­didi­kan kepramukaan di pangkalan masing-masing akan lebih sesuai. Hal tersebut juga sebagai tindak lanjut Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 81A tahun 2013 tentang implementasi kuri­kulum, dimana Pramuka merupakan ekstrakurikulum wajib di sekolah.

“KMD sendiri memberikan penge­ta­huan dasar dan pengalaman praktis sebagai bekal untuk pembina dalam membina peserta didik dan mengelola satuan perin­du­kan, pasukan dan ambalan. Sasarannya peserta dapat memahami dan menerapkan kepramukaan bagi peserta didik,” katanya.

Didampingi Sekretaris Kwarcab Ritu Karyanto dijelaskan juga, untuk materi KMD meliputi teori dalam kelas dan praktek lapangan. Pembina tersebut akan dibekali dengan metode dan teknik mem­bina dalam memahami karakter peserta didik dan pengelolaan satuan seperti siaga, penggalang  dan penegak. (h/mg-rki)

 

 

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]