Puluhan Jenis Satwa Langka di Agam Terancam Punah


Senin, 11 April 2016 - 12:21:03 WIB

Agam, Haluan — Puluhan jenis satwa langka di Agam mulai ter­ancam kepunahan akibat kerusakan ekosistem dan penangkapan oleh masyarakat. Menurut staf Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Agam, Syafril Su­harto, satwa yang mulai terancam kepu­nahan itu antara lain harimau Sumatra, harimau dahan, treng­giling, buaya, landak,burung eng­gang dan kuau.

“Satwa paling langka itu masih ada hanya saja jarang terdeteksi karena pupulasinya sedikit, seperti harimau sumatra masih ditemui jejak dan suaranya di hutan sekitar Maninjau, Malalak, Palembayan dan Palupuh,” kata Syafril di Kantor PWI Agam Jumat (8/4).

Agar tidak mengalami kepu­nahan satwa tersebut harus dilin­dungi di habitatnya dengan tidak menangkap dan membunuhnya. Apapun alasanya satwa dilindungi tidak boleh ditangkap dan dibunuh, pelaku akan dikenai sanksi hu­kuman 5 tahun penjara sesuai UU Nomor 5 tahun 1990 pasal 21.

Jika ada diantara satwa dilin­dungi yang mengganas dengan memangsa hewan ternak, masya­rakat diminta melapor ke BKSDA dan BKSDA akan mengirim pe­rangkap ke lokasi sebagai upaya penanggulangan, begitupun jika masyarakat berhasil melakukan penangkapan jangan membunuhnya dan segera menyerahkan ke BKS­DA.

“Untuk menghindari ancaman satwa seperti harimau, buaya dan lainya warga masyarakat diminta menjaga diri, bagi mereka yang tinggal di pinggir hutan agar meng­an­dangkan hewan peliharaan dan jangan bekerja sampai larut senja di ladang karena binatang buas ber­aktifitas mulai senja sampai malam hari,” ungkap Syafril lagi.

Untuk menyelamatkan satwa langka terhadap kepunahan, BKS­DA melakukan tindakan penga­wasan, penangkapan terhadap upa­ya peredaran satwa dan melakukan sosialisasi kepada masyarakat. Saat ini satwa langka yang rawan terha­dap penangkapan untuk diedarkan sebagai komoditas dagangan jenis trenggiling dan landak.  (h/ks)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]