Palembayan Simpan Potensi Pertanian Menjanjikan


Senin, 11 April 2016 - 12:36:16 WIB

Agam, Haluan — Bupati Agam, H. Indra Catri Dt. Malako Nan Putiah, menyebut Kecamatan Palembayan sebagai “Tanah harapan. Pasalnya, wilayah Palembayan menyimpan potensi yang luar biasa karena kesuburan tanahnya.  

“Palembayan memiliki lahan pertanian yang subur dan luas. Potensi tersebut kini bagaikan raksasa yang tidur pulas. Ia perlu diba­ngunkan anak nagari, agar mampu mensejahterakan segenap warga,” kata Dt. Malako Nan Putiah, Ming­gu, (10/4)

Dikatakannya, Palemba­yan sangat bagus untuk pe­ngem­bangan tanaman mang­gis. Manggis saat ini lagi naik daun. Sebagai tana­man dengan buah untuk ekspor, manggis kini men­jadi rebutan pasar dunia. Jika di olah dengan mak­simal tentunya sangat meng­un­tungkan bagi daerah.

“Palembayan jadi per­hatian banyak pihak, teru­tama perantau Palembayan, yang menyadari betapa na­gari mereka memiliki po­tensi yang luar biasa. Di kecamatan itu memang ti­dak ada tambang emas, de­ngan deposit yang meng­giurkan. Tetapi ada potensi dalam bentuk lain, yang menjanjikan,” ungkpanya 

Dt. Malako Nan Putiah menilai, Buah manggis ba­nyak manfaatnya. Di sam­ping isinya untuk dimakan, kulitnya untuk berbagai keperluan, sejak dari obat, sampai kosmetik. Selain itu nilai jualnya juga cukup bagus.

Kepala Dinas Ke­huta­nan dan Perkebunan (Dis­hutbun) Agam, Ir. Yulnasri, MM. mengatakan, lahan yang subur di Palembayan, merupakan anugerah Ilahi yang tidak ternilai harganya. Lahan tersebut bisa dita­nami tebu, kopi, kakao, dan manggis. Yang lagi tren saat ini adalah kopi arabika dan mang­gis. Kedua komoditi itu sangat menjanjikan.

“Cukup banyak Para pe­rantau banyak berminat menanamkan investasinya dalam bidang perkebunan dan pertanian di kampung halaman. Palembayan ter­ma­suk salah satu kawasan pengembangan kopi arabika dan tebu,”  katanya. (h/yat)

 

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 17 Februari 2020 - 21:46:11 WIB

    Komisi II DPRD Agam kunjungi PT AMP di Kecamatan Palembayan

    Komisi II DPRD Agam kunjungi PT AMP di Kecamatan Palembayan AGAM, HARIANHALUAN.COM - Komisi II DPRD Agam ke PT AMP kali ini ingin mengetahui tentang kontribusi terhadap daerah oleh perusahaan dalam peningkatan PAD Kabupaten Agam, Kedatangan Komisi II disambut oleh Mawardi selaku kepal.
  • Senin, 15 Juli 2019 - 16:04:59 WIB

    Pembangunan Jalan Palembayan Jadi Prioritas

    Pembangunan Jalan Palembayan Jadi Prioritas AGAM, HARIANHALUAN.COM - Pelan tapi pasti, sejak empat tahun belakangan, pembangunan jalan di Kecamatan Palembayan terus berlanjut. Untuk kabupaten Agam, pembangunan jalan ini menjadi prioritas oleh Dinas PUPR Sumbar..
  • Rabu, 10 Juli 2019 - 23:40:43 WIB

    TMMN ke 105 Resmi Dibuka di Sungai Puar Palembayan

    TMMN ke 105 Resmi Dibuka di Sungai Puar Palembayan AGAM, HARIANHALUAN.COM-Gubernur Sumatera Barat diwakili Bupati Agam Dr. H. Indra Catri membuka secara resmi TNI Manunggal Membangun Nagari (TMMN) yang ke 105 di Nagari Sungai Puar Kecamatan Palembayan Kabupaten Agam..
  • Jumat, 04 November 2016 - 00:18:37 WIB

    Trinda Farhan Kunjungi SMKN 1 Palembayan

    Trinda Farhan Kunjungi SMKN 1 Palembayan Agam,Haluan — Wakil Bupati Agam Trinda Farhan mengajak siswa SMKN 1 Palembayan berkreasi menciptakan tek­nologi sederhana yang dibutuhkahn ma­sya­­rakat seperti mesin pengering hasil pertanian, sehingga dimusim hujanpun.
  • Sabtu, 25 Juni 2016 - 07:16:40 WIB

    Jalur Simpang Gudang ke Palembayan Kurang Rambu

    Jalur Simpang Gudang ke Palembayan Kurang Rambu Agam, Haluan — Jalur Simpang Gudang, Kecamatan Lubuk Basung menunuju sampai Padang Koto Gadang, Kecamatan Palembayan, merupakan akses utama masyarakat dari Agam maupun Pariaman menunju Pasaman Barat. Dulu jalur tersebut rus.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]