Kabupaten Kuantan, Daerah Otonomi Baru


Selasa, 12 April 2016 - 02:50:35 WIB

BASORAH, HALUAN—Ma­syarakat enam kecamatan di wilayah hilir Kabupaten Ku­antan Singingi menetapkan nama kabupaten. Diputuskan nama daerah otonomi baru itu adalah Kabupaten Kuantan.

Penetapan nama ini dite­tapkan melalui musyawarah dengan pemuka masyarakat, pemuka adat se-wilayah hilir. Sementara, ibukota Ka­bu­paten Kuantan ini dipilih dan ditetapkan di Baserah.

Musyawarah besar (Mu­bes) masyarakat enam ke­camatan di wilayah hilir Ka­bupaten Kuantan Singingi ini pelaksanaannya berlangsung aman dan sukses, yang digelar Minggu (10/4).

Sebelum mubes dimulai, pimpinan presidium sidang dari tim 11 anggota DPRD Kuansing dari enam Ke­ca­matan mulai Pangean, Logas Tanah Darat, Kuantan Hilir, Kuantan Hilir Seberang, Inu­man dan Cerenti, yang diwa­kili Sarjan membagi ke dalam komisi A dan B untuk ber­musyawarah menentukan na­ma kabupaten, ibukota dan badan pekerja.

Komisi A yang bera­ng­gotakan pemangku adat dan pemuka masyarakat ini mayo­ritas mengusulkan Baserah sebagai ibukota. Sementara, nama kecamatan yang sempat diusulkan enam kecamatan itu adalah, Cerenti mengusulkan Kabupaten Kuantan Selatan, Kuantan Hilir Seberang meng­usulkan Hilir Kuantan.

Sedangkan Inuman dan Kuantan Hilir mengusulkan Kuantan Raya, Logas Tanah Darat mengusulkan Empat Koto Luak Sembilan, se­dang­kan Pangean mengusulkan nama kabupatennya adalah Kabupaten Rantau Kuantan 4 Koto yang ibukotanya di Pa­ngean.

Oleh karena belum ada kesepakatan, dilanjutkan mu­syawarah dengan melibatkan pemuka masyarakat di peran­tauan, diantaranya ada Mar­dianto Manan, Rasiman Rauf dan yang lainnya serta para pemangku adat. Sehingga diputuskan nama daerah, yaitu Kabupaten Kuantan.

Selanjutnya, Komisi B yang beranggotakan kepala desa beserta perangkat dan BPD beserta anggota mem­bentuk Badan Pekerja Pem­bentukan Kabupaten Kuan­tan. Musliadi SAg dipercaya sebagai ketua badan pekerja. Sastra Febriawan sebagai Sekretaris dan Asnidar se­bagai Bendahara.

Selanjutnya, masing-ma­sing kecamatan akan me­ngutus 10 wakilnya untuk mengisi formasi di badan pembentukan kabupaten ini. “Itulah hasil mubes kita untuk membentuk kabupaten baru di wilayah hilir. Untuk ibukota sudah kita putuskan di Base­rah. Sedangkan namanya kita putuskan adalah Kabupaten Kuantan,” ujar Sarjan.(rob)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 08 Desember 2019 - 17:31:19 WIB

    Keren..! Kampung Wisata SARUGO Jadi Smart Branding Kabupaten Limapuluh Kota

    Keren..! Kampung Wisata SARUGO  Jadi Smart Branding Kabupaten Limapuluh Kota LIMAPULUH KOTA, HARIANHALUAN.COM-Dinas Kominfo Kabupaten Lima Puluh Kota mengadakan kegiatan Sosialisasi Smart Branding terhadap lokus Kampung Wisata SARUGO (Saribu Gonjong) Jorong Sungai Dadok..
  • Rabu, 26 Juni 2019 - 23:39:55 WIB

    Gulamo, Surga Tersembunyi di Kabupaten Kampar Riau

    Gulamo, Surga Tersembunyi di Kabupaten Kampar Riau BANGKINANG, HARIANHALUAN.COM - Kabupaten Kampar akan mengikuti perlombaan wisata tingkat nasional pada ajang penghargaan Anugerah Pesona Indonesia (API) 2019 yang mengangkat tema “Surga Tersembunyi Terpopuler”. Dari sekia.
  • Sabtu, 26 November 2016 - 01:12:35 WIB

    Dua Kabupaten di Riau Terendam Banjir

    PEKANBARU, HALUAN — Dua Kabupaten di Riau, Kabupaten Rokan Hulu dan Pelalawan terendam banjir akibat badai La Nina. Pemerintah kabupaten setempat diminta tanggap. .
  • Senin, 01 Agustus 2016 - 03:04:19 WIB

    Enam Kabupaten di Riau Masih Berstatus Rawan Karhutla

    Enam Kabupaten di Riau Masih Berstatus Rawan Karhutla Pekanbaru, Haluan — Enam kabupaten di Provinsi Riau dinyatakan berstatus sebagai kawasan rawan kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Hingga November mendatang Provinsi Riau masih menetapkan status siaga darurat karhutla..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]