Canang Badantiang Gelar Pentas Seni


Selasa, 12 April 2016 - 02:52:00 WIB

SAWAHLUNTO, HALUAN — Menge­valuasi dan mengetahui sejauh mana kemajuan anggota dalam mengikuti lati­han, sanggar seni dan budaya Canang Badantiang Kota Sawahlunto kembali menggelar pementasan seni di Hall Om­bilin setempat, Minggu (10/4).

Sebanyak 72 peserta yang terdiri dari 14 penampilan dari 5 kelompok, mengikuti evaluasi dan uji kompetensi menampilkan tari tempurung usia 4-6 tahun, tari kipas usia 7-8 tahun, tari piring usia 8-9 tahun serta kelompok yunior atau remaja me­nampilkan tari piring ‘Indang Bajelo’.

“Pementasan ini sebagai langkah dalam mengakiri sesi lalithan dengan evaluasi materi yang dilatih kepada peserta atau anggota  sanggar, sekaligus mrembiasakan mereka untuk tampil membawakan tarian yang telah mereka terima dihadapan orang tua dan masyarakat,” ungkap Elli Sartono, koodinator pelatih sanggar Canang Ba­dantiang.

Elli menambahkan, disamping sebagai evaluasi penari, kegiatan ini sekaligus evaluasi bagi sanggar sendiri, pihaknya ingin melihat sejauh mana potensi yang dimiliki anggota sanggar untuk menerima pengajaran seni budaya, yang diajarkan secara bertahap sesuai dengan tingkatan usianya.

Dalam menghasilkan atraksi kesenian yang berkualitas lanjut Elli, perlu duku­ngan personil yang handal serta kareog­rafer yang mempunyai talenta dan ino­vatif.Untuk itu perlu dilakukan evaluasi oleh sanggar untuk mengetahui sejauh mana perkembangan dan peningkatan kualitas para siswa yang tergabung dalam sanggar canang badantiang.

“Meski Sanggar Canang Badantiang ini baru berdiri sejak April 2015 lalu, namun sanggar tetap rutin melaksanakan ujian kenaikan tingkat, sebagai bentuk evaluasi perkembangan sanggar, dalam meng­hasilkan talenta berbakat di bidang seni tari, seni lokal maupun musik tradisional,” sebut Perempuan alumni ISI Yogyakarta 1993 itu.

Sementara itu Wakil Ketua sanggar Canang Badantiang Mukhtar WS menga­takan, dukungan orang tua peserta didik dan anggota sanggar dirasakan sangatlah besar, termasuk dukungan dan respon dari pemerintah daerah yang terus memberikan ruang dan kesempatan bagi sanggar ini untuk ikut serta disetiap kegiatan seni dan budaya yang ada di kota ini. (h/mg-rki)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 27 Februari 2020 - 15:00:55 WIB

    Kejari Pariaman Canangkan Zona Integritas Menuju WBBM

    Kejari Pariaman Canangkan Zona Integritas Menuju WBBM PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM -- Kejaksaan Negeri Pariaman lakukan Penandatanganan Komitmen Bersama (Pakta Integritas), Pembangunan zona integritas (ZI) Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) Menuju Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (.
  • Senin, 13 Mei 2019 - 00:03:10 WIB

    Wali Kota Sawahlunto Canangkan Pesantren Ramadan 

    Wali Kota  Sawahlunto Canangkan Pesantren Ramadan  SAWAHLUNTO,HARIANHALUAN.COM-Pemerintah Kota (Pemko) Sawahlunto melibatkan 120 mubaliq dan 60 masjid dan musala yang ada di empat kecamatan dalam pelaksanaan pesantren Ramadan 1440 hijriah. Pesantren Ramadan diwajibkan kepada .
  • Rabu, 31 Januari 2018 - 22:32:16 WIB

    2018 Dicanangkan Tahun Peduli Indra Catri Resmikan Belasan Gedung Baru Pemkab Agam

    2018 Dicanangkan Tahun Peduli  Indra Catri Resmikan Belasan Gedung Baru Pemkab Agam AGAM, HARIANHALUAN.COM- Bupati Agam H. Indra Catri, Dt. Malako Nan Putiah mencanangkan 2018 sebagai tahun peduli, dan meresmikan 12 unit bangunan baru di Lingkungan Pemkab Agam, Rabu (31/1) Lubuk Basung. .
  • Sabtu, 22 April 2017 - 02:32:43 WIB
    PEMKAB TANAH DATAR

    Canangkan Program Maghrib Mengaji

    Canangkan Program Maghrib Mengaji TANAH DATAR, HALUAN - Pemerintah Tanah Datar, komit untuk menjadikan Tanah Datar, menjadi Kabupaten yang madani dengan mendekatkan masyarakatnya dengan Alquran. Program membumikan Alquran sangat serius dilakukankan Pemda, den.
  • Jumat, 03 Juni 2016 - 04:02:23 WIB

    Kampung Bombay Dicanangkan Jadi Kampung KB

    Kampung Bombay Dicanangkan Jadi Kampung KB PASAMAN, HALUAN — Berbicara tentang Keluarga Berencana (KB), mem­pu­nyai konsep yang luas dalam perwujudan keluarga raharja dalam kontek keluarga sa­kinah, mawaddah wa rah­mah..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]