Anggota VII BPK RI akan Kunjungi Sawahlunto


Selasa, 12 April 2016 - 02:52:37 WIB

SAWAHLUNTO, HALUAN — Pemerintah Sawahlunto terus berupaya mem­per­juangkan penggunaan aset badan usaha milik negara (BUMN), yang ada di bumi ‘Kota Arang’, tanpa me­ngeluarkan biaya sewa, sesuai dengan peraturan Menteri BUMN terkait pinjam sewa terhadap aset BUMN.

Perjuangan itu salah satunya dilakukan dengan pertemuan yang dila­ku­kan Walikota Sawah­lunto, Ali Yusuf dengan pihak BPK RI, melalui Anggota VII BPK RI, Achsanul Qosasi, yang membawahi bidang aset BUMN.

Dalam pertemuan yang berjalan lebih dari satu jam tersebut, Walikota Sawahlunto, Ali Yusuf me­ng­ungkapkan kondisi Kota Sawahlunto, dimana lebih dari 85 persen aset dikuasai BUMN.

Sebagian besar dari aset tersebut, dipinjampakai Pemerintah Kota Sa­wah­lunto, untuk memajukan daerah, khususnya dalam pengembangan sektor pari­wisata. Tentu saja, dengan melakukan perbaikan mau­pun pemeliharaan aset yang ada.

Namun, semenjak per­aturan Menteri BUMN keluar, proses pinjam pakai tidak bisa lagi dilak­sa­nakan.

Aturan menuntut Pemerintah Sawahlunto untuk melakukan pinjam sewa. Setidaknya, dengan perhitungan yang dila­kukan, pinjam sewa itu, konsekuensi, pemerintah harus mengeluarkan ang­garan hingga Rp1,5 miliar setiap tahunnya.

Padahal, kondisi BU­MN yang ada di Sawah­lunto sendiri, tidak lagi produktif. Baik PTBA – UPO maupun PT. Kereta Api Indonesia.

Menyikapi hal itu, Ang­gota VII BPK RI, Achsanul Qosasi, memberikan be­berapa pilihan solusi, per­tama semua aset PTBA dan KAI dihibahkan ke Sa­wahlunto.

Solusi kedua, sewa pa­kai dengan meng­gunakan dana CSR dari BUMN sendiri.

Sedangkan opsi ketiga, dilakukan sewa dengan tidak memberatkan Pemer­intah Kota Sawahlunto. Untuk menindaklanjuti hal itu, Achsanul Qosasi sen­diri, akan memanggil pihak PTBA dan PT. KAI.

Selain itu, Achsanul Qosasi juga akan mela­kukan kunjungan ke Sa­wahlunto, melihat kondisi kota berpenduduk 65 ribu jiwa lebih, yang berada di kawasan seluas 275,9 kilo­meter persegi itu.

“Mudah-mudahan, da­lam waktu dekat kami akan berkunjung ke Sa­wahlunto. Sebelumnya, akan kami panggil pihak BUMN un­tuk men­du­du­kan perma­salahan ini,” tambahnya.(h/dil)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]