Perindagkopnaker Pemeriksa Produk Makanan Kemasan


Selasa, 12 April 2016 - 02:52:53 WIB

SAWAHLUNTO,HALUAN — Dinas Pertambangan Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Tenaga Kerja (Perindagkopnaker) Kota Sawahlunto, meminta ma­syarakat agar lebih teliti sebelummembeli produk ma­kanan dalam kemasan.

Sehingga tidak membeli produk yang kadaluarsa yang bisa membahayakan kesehatan. Saat ini pihak Disperindagkopnaker Sa­wah­lunto tengah menu­run­kan tim terpadu untuk me­lakukan pemeriksaan pro­duk makanan dalam ke­masan kesejumlah toko dan mini market, termasuk pada pedagang makanan di em­pat kecamatan.

“Tim gabungan itu terdi­ri dari Bidang perdagangan Perindagkopnaker, Sat Pol PP, Polres, Kesbangpol dan Dinas Kesehatan Sosial Ko­ta Sawahlunto, mulai hari ini turun ke lapangan untuk melakukan pemeriksaan,” ungkapnya Kepala Bidang Perdagangan Gustav, ke­pada Haluan, Senin (11/4).

Selain masa kadalu­arsa­nya tim juga akan mela­kukan pemeriksaan terkait bahan yang terkandung di­da­lamnya, apakah memakai bahan pengawet atau zat pewarna yang berbahaya.

Jika dalam pengawasan di lapangan nanti didapat­kan makanan yang sudah kadaluarsa atau sudah men­dekati masa pemakaiannya, kita menyarankan kepada pedagangnya untuk segera ditarik dan dikembalikan kepihak distributor dan ti­dak lago memajang atau menjualnya.

Pihak kita sebutnya mem­beri tenggat wakti selama seminggu kepada pedagang, jika belum ditarik maka tim akan melakukan eksekusi untuk disita dan diamankan.

“Kami minta kepada seluruh pedagang agar tidak menjual semua jenis makan yang sudah kadaluarsa, serta makanan yang menggu­na­kan pengawet dan pewarna makanan yang berbahaya, dan kepada konsumen jika dihimbau jika menemikan barang yang rusak atau kadaluarsa yang sudah lewat

waktu untuk dikonsumsi segera laporkan kepada pihak terkait untuk segera ditindak lanjuti kepada para penjualnya,” kata Gustav.(h/mg-rki)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 24 Mei 2016 - 04:31:52 WIB

    Perindagkopnaker Pantau Harga Bahan Pokok

    SAWAHLUNTO, HALUAN — Men­jelang masuknya bulan suci Ramadan 1437 Hij­riyah, Pemerintah Kota Sawahlunto terus melakukan peman­tauan terhadap fluktuasi harga sem­bako dan kebutuhan lainnya. Jika ada pergerakkan naik hingg.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]