BNNK Sawahlunto Terus Tekan Narkoba


Selasa, 12 April 2016 - 02:54:45 WIB
BNNK Sawahlunto Terus Tekan Narkoba BNNK Sawahlunto melakukan sosialisasi dengan membagikan stiker anti narkoba. (FADIL)

SAWAHLUNTO, HALUAN — Upaya preventif untuk meminimalisir penyalahgunaan narkotika di tengah masyarakat, terus dilakukan Badan Narkotika Nasional Kota (BNNK) Sawahlunto, melalui sosialisasi dalam berbagai bentuk.

Mulai dari sosialisasi ke sekolah-sekolah, sosialisasi massal, melalui famplet, hingga pembagian stiker Anti Narkoba ke tengah masyarakat. Seperti yang dilakukan Sabtu ((9/4) lalu, di Lapangan Ombilin Sa­wahlunto.

Semenjak dikukuhan 4 September 2015 lalu, de­ngan 18 personil, BNNK Sawahlunto terus berupaya sekuat tenaga menekan per­e­daran narkotika dan mela­kukan rehabilitasi terhadap pecandu.

Dalam hal peredaran, BNNK Sawahlunto terjun langsung ke lapangan. Be­gitu mendapatkan target operasi, khususnya bandar narkoba, BNNK melakukan tes urine. Dalam hitungan lima menit, jika terbukti positif, BNNK dapat meng­ambil tindakan dengan me­ng­amankan pemakai.

Selanjutnya, dengan ber­koordinasi dengan pihak BNN Provinsi Sumbar, pro­ses selanjutnya terhadap pengedar dan pelaku pe­nyalahgunaan narkoba di­tin­daklanjuti.

Kepala BNNK Sawah­lunto, Guspriadi mengung­kapkan, kondisi peredaran narkotika di tengah masya­rakat, terbilang mengkha­watirkan. Sebab, sudah me­nyentuh siapa saja.

Tidak hanya kalangan yang memiliki uang, tetapi narkotika sudah menyentuh kaum pelajar, masuk ke setiap desa dan kelurahan. “Potensi peredaran sangat banyak,” ungkapnya.

Makanya, lanjut pria kelahiran 9 Agustus 1966 itu, BNNK Sawahlunto me­la­kukan berbagai upaya dalam menekan peredaran narkoba. Mulai dari sosi­alisasi bahaya narkoba, pe­nang­kapan, hingga reha­bilitasi.

Semenjak bertugas, BN­NK Sawahlunto telah me­nangkap enam pelaku. Mu­lai dari pemakai atau peng­guan hingga mereka yang telah berprofesi sebagai pengedar.

Terakhir, dalam satu malam, BNNK Sawahlunto mampu meringkus dua ter­sangka dengan barang bukti shabu dan ganja. Para ter­sangkan, masih tergolong muda, berada di usia yang sangat produktif.

Sementara itu, untuk rehabilitasi, BNNK Sa­wah­lunto juga membuka diri terhadap pecandu yang ingin kembali normal. Seti­daknya 50 pecandu yang telah terkontaminasi narko­ba melaporkan diri, memin­ta untuk direhabilitasi.

Bekerja sama dengan rumah sakit, BNNK Sawah­lunto menindaklanjuti pro­ses rehabilitasi terhadap pecandu yang ingin hidup terbebas dari barang haram tersebut.

Ke depan, lanjut Gus­priadi, pihaknya berupaya melengkapi fasilitas peng­ungkapan narkoba, dengan mendatangkan anjing pela­cak. “Mudah-mudahan per­te­ngahan atau setidaknya akhir tahun, BNNK Sawah­lunto sudah memiliki anjing pelacak,” pungkasnya.(h/dil)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 20 Februari 2020 - 14:49:04 WIB

    BNNK Sawahlunto Minta Dukungan OPD untuk Permasalahan Narkoba

    BNNK Sawahlunto Minta Dukungan OPD untuk Permasalahan Narkoba SAWAHLUNTO, HARIANHALUAN.COM -- Kepala BNN Kota Sawahlunto, AKBP Erlis meminta dukungan dari seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang ada di kota tersebut untuk mendukung dan sejalan dalam menyikapi permasalahan Narkoti.
  • Selasa, 10 April 2018 - 19:26:25 WIB

    Pessel Bakal Bangun Gedung BNNK

    Pessel Bakal Bangun Gedung BNNK PAINAN, HARIANHALUAN.COM - Pemerintah Daerah Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) memastikan pada tahun 2018 ini membangun gedung Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK)..
  • Jumat, 02 Maret 2018 - 11:34:33 WIB

    BNNK Sawahlunto Rangkul BPD dan LPM

    BNNK Sawahlunto Rangkul BPD dan LPM SAWAHLUNTO, HARIANHALUAN.COM - Selain merusak sendi kehidupan, pengedar dan pengguna narkoba dapat dijerat Undang-undang No 35 Tahun 2009 tentang narkotika dengan pidana minimal 4 tahun penjara. Bahkan pengedar bisa diganjar .
  • Selasa, 15 Maret 2016 - 03:00:37 WIB

    BNNK Sawahlunto Gelar Raker P4GN

    BNNK Sawahlunto Gelar Raker P4GN SAWAHLUNTO, HALUAN — Badan Narkotika Na­sional (BNN) Kota Sa­wah­lunto menggelar rapat kerja, dalam menekan Pen­ce­ga­han Pemberantasan Penya­lahgunaan dan peredaran gelap narkoba (P4GN), de­ngan melibatkan sekolah .
  • Selasa, 12 Januari 2016 - 02:18:27 WIB

    BNNK Sawahlunto, Tidak Ada Celah Untuk Peredaran Narkoba

    SAWAHLUNTO, HALUAN — Ba­dan Narkotika Nasio­nal Kota (BN­NK) Sawah­lunto, berko­mit­men untuk memerangi serta men­cegah dan menanggulangi pe­re­daran Narkotika dan Obat obat terlarang lainnya, ter­utama di­kalang.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]