Capai Target RPJMD

Partisipasi Masyarakat Dibutuhkan


Selasa, 12 April 2016 - 02:57:22 WIB

AROSUKA, HALUAN—Ke­berhasilan dalam mencapai target yang tertuang dalam rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) tak hanya ditentukan oleh kepia­waian pemerintah dae­rah saja, namun partisipasi dan komit­men masyarakat dinilai sangat urgen dalam menentukan keber­hasilan dari sebuah perencanaan tersebut. Hal ini diungkapkan Bupati Solok H. Gusmal SE.­MM saat pelaksanaan Musren­bang RP­J­MD Kab. Solok 2016-2021 di ruang pelangi Arosuka, Kamis (7/4) lalu.

Dihadapan wakil Bupati Solok Yulfadri Nurdin, SH, Ketua DPRD Kab Solok Har­dinalis, dandim 0309 yang diwakili oleh Kasdim  Mayor Inf Supadi, Kapolres Arosuka AKBP Reh Ngen­ana, SH,­M,Si, Kapolres Solok Kota AKPB Tommy Bambang Ira­wan, kepala SKPD lingkup kab. Solok, Camat, Walinagari dan seluruh peserta Mus­renbang yang hadir Bupati mengajak seluruh komponen masyarakat untuk ikut berpar­tisipasi dalam mewujudkan RPJMD tersebut sesuai fungsi dan peran masing-masing.

Bupati menjelaskan, da­lam rangka mewujudkan visi dan misi kab. Solok, ditopang dengan empat pilar pem­ba­ngu­nan yaitu ekonomi kerak­yatan, pendidikan, kesehatan, dan penyelenggaraan peme­rintah yang baik dan bersih. Pada pilar ekonomi kerak­yatan, lima tahun kedepan diprioritaskan kepada upaya peningkatan produktifitas semua sektor ekonomi rakyat, melakukan formalisasi sektor informal dan peningkatan infrastruktur daerah.

Sementara pada sektor pertanian sebagai sector yang memberikan kontribusi ter­besar terhadap Produk Do­mestik Regional Bruto (PDRB) Kab Solok, akan semakin ditingkatkan pro­duktifitasnya melalui eksten­sifikasi, intensifikasi dan di­versifikasi. “Pengembangan kawasan ojek wisata potensial di prioritaskan pada 3 lokasi yaitu Taman Hutan Kota, Danau Kembar serta Danau Singkarak,” jelasnya.

Sementara pada sektor pendidikan, upaya untuk me­ningkatkan partisipasi masya­rakat pada semua jenjang pendidikan dilakukan dengan menggratiskan biaya pen­didikan SD dan SMP, serta peningkatan alokasi dana BOS. Sedangkan untuk me­ningkatkan kompetensi guru dilakukan dengan cara melan­jutkan pemberian sertifikasi guru sesuai dengan kom­pe­tensi sebanyak 1600 orang

Sedangkan Pembangunan bidang kesehatan lima tahun kedepan di prioritaskan kepa­da upaya untuk mengen­dali­kan jumlah penduduk, pem­budayaan hidup bersih dan lingkungan sehat.  ”Makanya sekali lagi kami tegaskan, keberhasilan dari target yang telah tertuang dalam rancangan RPJMD Kab.Solok tahun 2016-2021 ini sangat di tentukan oleh dukungan dan partisipasi serta komitmen dari semua pihak,” tegasnya.

Sementara terkait pem­bahasan RPJMD ini, Saunida Agusti, SE dalam kapasitasnya sebagai panitia pelaksana Musrenbang menyebutkan, Pada tahun 2015 telah dilak­sanakan penyusunan ranca­ngan teknokratik RPJMD Kab Solok tahun 2016-2021. Dengan telah dilantiknya Bu­pati Solok dan Wakil Bupati Solok terpilih, maka telah dilakukan sinkronisasi antara rancangan teknokranik PRJMD Kab Solok tahun 2016-2021 dengan rancangan RPJMD Kab Solok politis.” Tujuannya adalah untuk mem­pertajam, menyelaraskan, mengklarifikasi dan menye­pakati tentang rancangan rpjmd Kabupaten Solok tahun 2016-2021,” jelasnya.

Untuk penyempurnaan rancangan awal RPJMD Kab Solok tahun 2016-2021 ter­sebut selanjutnya telah dilakukan konsultasi publik yang dikemas dalam bentuk diskusi publik. “Rancangan RPJMD akan menjadi pedo­man SKPD dalam menyusun rancangan renstra SKPD ma­ka SKPD telah diminta untuk segera melakukan penyusu­nan rancangan renstra SKPD,” pungkasnya. (h/ndi)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 19 Juni 2020 - 14:16:48 WIB

    Pilkada 2020, KPU Dharmasraya Targetkan 77,5% Partisipasi Pemilih

    Pilkada 2020, KPU Dharmasraya Targetkan 77,5% Partisipasi Pemilih HARIANHALUAN.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Dharmasraya bertekad pelaksanaan Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) di tanah mekar ini tidak akan mengganggu jumlah partisipasi pemilih..
  • Selasa, 12 September 2017 - 01:53:27 WIB
    PEMBANGUNAN KOTA

    LPM Wajib Dorong Partisipasi Masyarakat

    LPM Wajib Dorong Partisipasi Masyarakat PAYAKUMBUH, HALUAN – Pemerintah Kota (Pemko) Payakumbuh melalui Bagian Pemerintahan menggelar Orientasi Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) se-Kota Payakumbuh, Senin (11/9), di Aula Balai Pelatihan Peternakan dan Kesehata.
  • Rabu, 19 April 2017 - 02:05:00 WIB
    HKBN KOTA PADANG

    Wako Imbau Warga Berpartisipasi

    PADANG, HALUAN – Dalam rangka membangun kesadaran, kewaspadaan, dan kesalamatan dalam menghadapi bencana, Wali Kota Padang, Mahyeldi Ansharullah, mengimbau seluruh masyarakat Kota Padang untuk mengikuti simulasi bencana pad.
  • Rabu, 22 Juni 2016 - 03:28:56 WIB

    Partisipasi Masyarakat Dibutuhkan untuk Dunia Pendidikan

    PARIAMAN, HALUAN — Walau sarana dan prasarana sudah disiapkan pemerintah Kota Pariaman dalam bentuk wajib belajar 12 tahun, na­mun partisipasi masyarakat tetap perlu untuk mening­katkan pendidikan di kota ini..
  • Selasa, 17 Mei 2016 - 03:18:43 WIB

    FAS Akomodir Partisipasi Anak

    SAWAHLUNTO, HALUAN — Dalam mela­kukan pembangunan, pemerintah diwa­jibkan untuk mendengar suara anak serta melibatkan partisipasinya. Selain itu Peme­rintah juga wajib merealisasikan 31 item hak anak, yang disarikan dala.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]