49 Persen Penduduk Belum Miliki Akta Kelahiran


Selasa, 12 April 2016 - 02:58:14 WIB
49 Persen Penduduk Belum Miliki Akta Kelahiran Bupati Solok H. Gusmal, SE, MM menyerahkan KTP Elektronik kepada warga, saat peluncuran program perekaman KTP-elektronik, penerbitan kartu keluarga dan kutipan akta kelahiran di kecamatan Lembah Gumanti, Rabu (6/4) lalu. (YUTIS WANDI)

AROSUKA, HALUAN—Pemerintah Kabupaten Solok menargetkan tahun ini, sebanyak 77 persen penduduk Kabupaten Solok sudah memiliki akta kelahiran, dan sekitar 87 persen penduduk melakukan perekaman data Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-E).

Hal ini terungkap saat peluncuran perekaman KTP-elektronik, penerbitan kartu keluarga dan kutipan akta kelahiran di kecamatan Lem­bah Gumanti, Rabu (6/4) lalu.

Kepala Dinas Ke­pedu­dukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kab. Solok Drs. Musfian MM menyebutkan, dari data jumlah penduduk Kabupaten Solok yang ber­jumlah sebanyak 372.269 orang, saat ini jumlah warga yang wajib KTP sebanyak 248.337 orang. Sementara yang telah melakukan pere­kaman sebanyak 224.069 orang, sedangkan yang telah diterbitkan KTP-Elnya seba­nyak 198.679. “Begitu juga dengan penerbitan akta kela­hiran dari 372.269 orang, yang telah memiliki akta kelahiran 184.048 orang. Dari data ter­sebut diatas masih ada yang belum memiliki akta kela­hiran, atau sekitar 49 persen,” kata Musfian.

Kegiatan peluncuran KT­P-E itu sendiri merupakan bagian dari peringatan HJK ke 103 tahun ini. Bertempat di Kantor Camat lembah Gu­manti, kegiatan itu dihadiri langsung oleh Bupati Solok  H.Gusmal,SE,MM, Ass III  Ir.Darman, Kasat Pol PP Raflis, Camat Lembah Gu­manti  Feris Novel beserta Muspika setempat. “ Kegiatan ini merupakan upaya menso­sialisakan dan memberikan pemahaman kepada masya­rakat akan pentingnya do­kumen kependudukan. Ka­rena selama ini masyarakat terkendala oleh jarak tempuh ke pusat kabupaten sehingga data kependudukannya ba­nyak yang tidak diurus,” te­rang Musfian.

Dari permasalah tersebut, Musfian berharap  kepada Bupati Solok untuk menm­berikan tambahan anggaran untuk Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil. Ter­utama terkait untuk penga­daan mobil pelayanan keliling ,pengadaan alat cetak doku­men untuk setiap kecamatan dan perbaikan sarana tempat pelayanan sesuai dengan Stan­dar ISO 9001-2008. “ Jika mengacu pada Pasal 79A UU No.24 Tahun 2013, semua tentang dokumen kepen­du­dukan tidak dipungurt biaya sepersen pun (Gratis). Maka­nya dokumen kependudukan sudah tidak lagi menjadi tar­get pendapatan daerah,” bebernya.

Terkait itu, Bupati Solok H.Gusmal,SE,MM menyebutkan, melalui pelayanan keliling atau pola jemput bola  ke masyarakat ini, diharapkan mempermudah dan mem­perdekat pelayanan masya­rakat melakukan penggurusan membuat dokumen kepen­dudukan (KTP,KK)  yang berada di Kantor Camat yang akan ditentukan.

Karena jauhnya kantor Bupati Solok sebagai pusat pelayanan dan pengurusan dokumen kependudukan, pemerintah daerah Kab.Solok akan melakukan jemput bola yang akan direncanakan untuk melakukan pelayanan  di 4 kecamatan, Kec. X Koto Singkarak, Kec.Lembang Jaya, Kec.Kubung, Kec.Tigo Lurah. “ Kita targetkan pada tahun 2019 semua Kecamatan di Kab.Solok telah dapat me­la­kukan pecetakan dokumen kependudukan. Harapan saya kedepannya tidak ada lagi masyarakat Kab. Solok yang tidak mempunyai dokumen atau E-KTP,” kata Bupati. (h/ndi)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 26 Agustus 2016 - 03:42:02 WIB

    491 Mahasiswa Tak Mampu Terima Bantuan Pendidikan

    491 Mahasiswa Tak Mampu Terima Bantuan Pendidikan PASAMAN, HALUAN — Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Pasaman memberikan bantuan pen­didikan kepada 491 mahasiswa dari keluarga miskin. Bantuan dengan total Rp246 juta ini, merupakan bantuan untuk gelombang kedua,.
  • Rabu, 24 Agustus 2016 - 03:48:07 WIB

    149 Pedagang Setuju Bangun Kembali Pasar Pariaman

    PARIAMAN, HALUAN — Sebanyak 149 pedagang dan pemilik kios di Pasar Pariaman menyatakan sepakat pem­bangunan kembali Pasar Pari­aman. Hal ini disampaikan dalam sebuah rapat lanjutan pembangunan pasar di lantai II Kantor .
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]