Pencabutan Subsidi Listrik Tunggu Keputusan Presiden


Selasa, 12 April 2016 - 03:02:17 WIB

JAKARTA, HALUAN — Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Sudirman Said mengatakan pencabutan subsidi listrik tinggal menunggu keputusan dari Presiden Joko Widodo.

“Kami sudah melakukan verifikasi sesuai dengan hasil rapat terbatas terakhir yang membahas tentang listrik. La­poran sudah kami berikan dan tinggal menunggu ke­putusan dari Presiden,” kata Sudirman di Kantor Kemen­terian ESDM, Jakarta, Senin (11/4).

Sudirman melanjutkan dari hasil verifikasi, ada sekitar 18 juta pelanggan yang tidak layak menerima subsidi listrik dari 22 juta penerima subsidi.

Adapun data tersebut di­da­patkan dari data PT. PLN dan Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNPPK) yang dilaporkan ke Kementerian ESDM dari to­tal 22 juta pelanggan pener­ima subsidi yang berhak me­nerima hanya sekitar 4,1 juta pelanggan.

Menteri ESDM juga me­nya­takan tidak dapat me­mastikan kapan kebijakan pencabutan subsidi listrik dapat diberlakukan. Padahal, sebelumnya beredar kabar rencana pencabutan subsidi untuk pelanggan listrik golongan 900 volt ampere (VA) akan mulai dilakukan pada Juli 2016.

“Pencabutan subsidi listrik akan tergantung situasi, bisa saja dilakukan dengan segera atau bisa pula ditunda,” tutur Sudirman.

Berdasarkan hasil verifi­kasi, beberapa daerah di In­donesia juga menemukan masih banyak masyarakat mampu yang menikmati listrik bersubsidi.

Di Provinsi Aceh, Tim Nasional Percepatan Pe­nang­gu­langan Kemiskinan (TN­P2K) menyatakan subsidi listrik untuk 107.550 pelang­gan akan dicabut karena tidak tergolong warga miskin.

Sementara di Provinsi Ja­wa Timur tercatat ada 497.000 pelanggan salah sasaran yang menggunakan listrik ber­sub­sidi. (h/ans)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]