Polemik KONI Sumbar Mulai Tuntas


Selasa, 12 April 2016 - 03:15:48 WIB

PADANG, HALUAN — Polemik yang terjadi di pengurusan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sumatera Barat, terkait larangan pengurus KONI yang berstatus PNS rangkap jabatan mulai tuntas. Hal tersebut terjadi setelah rapat pleno yang digelar di hotel Pangeran, Senin (11/4).

“Dengan adanya surat ederan dari Pak Gubernur dan surat edaran Mendagri tersebut otomatis pengurus KONI Sumbar yang PNS harus mundur. Hal itu sudah diundang-undangkan kalau tidak dituruti akan bisa membawa imbas,”ujar Plt KONI Sumbar, Syaiful usai menggelar rapat pleno, Se­nin (11/4).

Syaiful mengatakan akan segera membentuk struk­tur pengurus dan mela­porkanya kepada Gubernur Sumatera Barat. “Dalam waktu dua atau tiga hari ini saya akan berdiskusi dengan pimpinan lainnya. Dengan telah terbentuknya kepe­ngurusan baru saya ber­harap  dana anggaran bisa segera dicairkan,”ulasnya.

Dana itu sendiri sangat dibutuhkan oleh KONI Sum­bar, hal ini di­se­bab­kan karena sejumlah ca­bang olahraga ada yang akan menggelar uji coba dalam waktu dekat ini. “Dana ter­se­but juga di­butuhkan oleh ca­bor untuk membeli pera­la­tan untuk lati­han,” ung­kap­nya.

Sementara itu pengurus KONI yang mundur, karena berstatus PNS tersebut, ber­kemungkinan akan dima­sukan dalam tim ad hoc namun apakah semua pe­ngu­rus yang mundur ini atau sebahagian saja, tergantung kebutuhan.

“Jadi mereka akan mem­ban­tu KONI Sumbar untuk meng­hadapi PON. Kalau se­ba­gai anggota ad hoc tidak mé­langgar aturan sepe­nge­ta­huan saya. Sebab mereka ha­nya bersifat sementara. Me­reka berada di luar struk­tur kepengurusan,” jelasnya la­gi.

Untuk pengurus yang  mundur sendiri, Syaiful mengatakan tidak akan ba­nyak mencari pengganti dan menambah pengurus baru. “Kalau akan mau ditambah palingan dua atau tiga orang saja. Sebab posisi seperti litbang, binpres dan rena yang banyak dihuni oleh pengurus yang sebelumnya berstatus PNS,”ungkapnya.

Namun berapa lama ja­ba­­tan ini pengurusan yang ba­ru ini, Syaiful mengatakan akan melakukan konsul­ta­si­kan dulu dengan KONI pu­sat. “Sebab kami nanti akan menggunakan ang­garan tam­bahan. Untuk itu kami akan konsultasi dulu dengan pusat,”jelasnya. (h/san)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]