Masyarakat Keluhkan Banyaknya Jalan Berlobang


Selasa, 12 April 2016 - 03:16:45 WIB

SIJUNJUNG, HALUAN — Sejumlah ruas jalan di wilayah Kabupaten Sijunjung rusak dan berlobang. Selain akibat gem­pu­ran hujan, kerusakan juga disebabkan faktor usia dan dampak kelebihan tonase ken­dara­an yang lewat. Parahnya lagi hal ini diakibatkan tidak adanya sistem drainase yang baik dan terjadi di banyak ruas jalan baik jalan propinsi atau­pun ruas jalan kabupaten ter­sebut.

Dari pantauan Haluan, ke­rusa­kan jalan terjadi tidak hanya di jalan-jalan kabupaten. Beberapa ruas jalan provinsi/negara juga terlihat rusak se­perti di ruas jalan lintas Suma­tera (Jalinsum) depan SPBU Muaro Bodi Kecamatan IV Nagari yang hampir tiap hari memakan korban, baik itu pengguna roda dua maupun roda empat yang melewati ruas jalan tersebut. Sehingga warga setempat menanami jalan ber­lo­bang tersebut dengan pohon pisang sebagai tanda agar peng­guna jalan berhati-hati saat melewati ruas jalan yang rusak dan berlobang tersebut.

Selain itu, jalan rusak dan berlubang juga terlihat di be­be­rapa ruas jalan propinsi lainnya seperti di ruas jalan Tanjung Ampalu Kecamatan Koto VII, ruas jalan dari arah murao menuju Tanah Badan­tung dan juga beberapa ruas kabupaten yang meng­hubung­kan antar nagari-nagari yang ada di wi­layah Kabupaten Sijunjung seperti di Kenagarian Lubuk Tarok dan nagari-nagari lainnya yang rusak dan berlobang.

Salah seorang warga yang enggan disebutkan namanya kepada wartawan, Senin (11/4) mengatakan bahwa ruas jalan yang rusak serta berlobang, baik itu jalan provinsi mau­pun Kabupaten agar segera diper­baiki.

Menanggapi hal tersebut,  anggota Komisi II DPRD Si­jun­jung Aprisal Putra Bungsu menilai perbaikan jalan kabu­paten, provinsi dan Negara di wilayah Kabupaten Sijunjung harus menjadi prioritas. Pasal­nya, hak rakyat untuk men­dapatkan layanan fasilitas um­um harus dipenuhi setelah membayar pajak. Selain itu,  Kondisi sejumlah jalan poros antar nagari dan Kecamatan di wilayah Kabupaten Sijunjung yang rusak dan berlobang juga perlu mendapat perhatian dari semua pihak. 

“Sarana jalan merupakan insfratruktur vital bagi pere­konomian masyara­kat, dan jika kondisi jalan rusak maka pere­konomian masyara­kat juga terhambat,” kata Po­litisi Partai manat Nasional tersebut me­ngakhiri.

Sementara itu, Kepala Di­nas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Sijunjung Surya Effendi yang berusaha di­temui di ruang kerjanya untuk kon­fir­masi mengenai jalan rusak tidak berada di tempat dan saat dihubungi melalui Hand­pho­ne-­nya dalam status tidak aktif. (h/ogi)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]