Muzni Zakaria: Solsel Nyaman Bagi Wisatawan


Selasa, 12 April 2016 - 03:23:00 WIB

SOLSEL,HALUAN — Pe­merintah Kabupaten Solok Selatan (Solsel) segera tin­dak­lanjuti perintah Wakil Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Nasrul Abit untuk menertibkan obyek wisata dari pungutan liar (Pungli). Hal itu dikatakan Bupati Solsel, Muzni Zakaria kepada awak media, Minggu,(10/4). “Kami ingin Solsel menjadi salah satu destinasi wisata unggulan di Sumbar, untuk itu semua obyek wisata ung­gulan akan kami buat nyaman untuk dikunjungi,”katanya.

Ia mengungkapkan ada tiga Obyek wisata unggulan di daerah itu yang saat ini sedang dikembangkan.”Kawasan Se­ribu Rumah Gadang, Hot Water Boom Sapan Ma­lu­luang dan air terjun Tansi Am­pek, objek wisata ini pe­nge­lolaannya harus lebih di­ting­katkan,”lanjutnya.

Ia menambahkan, selain tiga obyek wisata tersebut, saat ini pihaknya juga tengah me­ngem­bangkan potensi wisata alam jalur pendakian Gunung Kerinci. “Insya Allah, Agus­tus 2016 kami akan mencoba men­jajal jalur pendakian gu­nung Kerinci melalui Sol­sel,”katanya.

Kemudian, tahun depan pengembangan pariwisata di Solsel akan mendapatkan dukungan dari pemerintah provinsi melalui bantuan keuangan 40 persen dan 60 persen dari Kabupaten/Kota. “Semua itu bisa terwujud, apabila berdasarkan penilaian hingga bulan Juli oleh Satuan Tugas (Satgas) yang dibentuk oleh Wakil Gubernur Su­matera barat menjadi daerah wisata yang ramah untuk dikunjungi,”katanya.

Sebelumnya Wakil Gu­bernur Sumbar, Nasrul Abit meminta semua Bupati dan Walikota hingga bulan Juli 2016 untuk melakukan pe­nertiban tempat-tempat wi­sa­ta dari tukang pa­lak. ”Hingga bulan Juli seluruh obyek wisata di Sumbar harus ter­bebas dari tukang palak, parkir liar dan memakai harga ku­liner yang standar ,”katanya.

Ia menambahkan, untuk mengevaluasi program ter­sebut pihaknya akan mem­bentuk Satgas Monitoring tempat-tempat Wisata di Dae­rah itu. “Bagi daerah yang tidak mampu menertibkan tempat wisatanya dari tukang palak atau segala pungutan liar maka daerahnya tidak akan dimasukkan kedalam daerah unggulan wisata pro­vinsi,” pungkasnya. (h/jef)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]