Satu Rusak Berat

65 Rumah Terendam Banjir di Pasaman


Selasa, 12 April 2016 - 03:34:52 WIB
65 Rumah Terendam Banjir di Pasaman SATU unit rumah warga di Lundar, Kecamatan Panti, Kabupaten Pasaman roboh diterjang banjir.

PASAMAN, HALUAN — Satu dari 65 unit rumah warga terendam banjir setinggi hampir satu meter di Jorong Lundar Kecamatan Panti, Kabupaten Pasaman mengalami rusak berat, Senin (11/4).

Rumah semi permanen milik Azwir itu, berdinding papan beratap seng, roboh dihantam banjir.  Begitu juga rumah Nirman (62), lantai rumahnya ambruk. Lokasi ini adalah bekas banjir ban­dang pada Februari lalu.

Sekretaris Taruna Siaga Bencana (Tagana) Pasaman, Novia Indra yang berada di lokasi banjir, menyebutkan, air setinggi 90 centimeter di merendam rumah warga.

Korban banjir sejak te­ngah malam kemarin masih mengungsi di tempat yang aman. Banjir terjadi akibat meluapnya batang Lundar dan dipicu dengan jebolnya tanggul penahan air.

Kini, pasar dan per­kam­pungan Lundar di­penuhi lumpur dan potongan kayu sebesar batang kelapa.

“Kita saat ini membantu korban banjir di lapangan, mulai dari pendataan dan mengangkat barang-barang warga ke tempat yang aman,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Jorong Lundar, Imron (34) menyebutkan, banjir ini terjadi pada Minggu malam. Kampung Lundar dan se­kitarnya diguyur hujan lebat.

“Dapur warga terendam, dan kini warga juga di­sibukan membersihkan rumahnya. Akses air bersih kembali sulit kami dapatkan, kalau ada bantuan air bersih dan ma­kanan siap saji, maka warga kami sangat membu­tuhkan­nya,” jelasnya.

 Sementara itu, Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Pasaman, Elvi Wardi menyebutkan, banjir ini terjadi sekitar pukul 20.00 WIB.

Selain itu, banjir juga mengakibatkan rusaknya empat titik jaringan air ber­sih pamsimas setempat. jaringan ini baru saja di­perbaiki dalam masa tang­gap darurat bencana banjir bandang yang melanda kam­­pong setempat.

Ia menyebutkan, ban­tuan sembako untuk hari ini sudah disalurkan, demikian juga bantuan air bersih dari PDAM. “Kami memang tidak mendirikan posko karena yang terkena banjir itu hanya sedikit, dan kini kondisi air sudah normal kembali. rumah dan jalan yang dapat dibantu BPBD membersihkannya, sudah disiram, kami kini sedang di lokasi,” ungkap Elvi Wardi, dihubungi Haluan, Senin sore. (h/col)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR


Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]