Pemprov Dukung Trans Sumatera


Selasa, 12 April 2016 - 03:38:59 WIB

PADANG, HALUAN — Pemerintah Pro­vinsi Sumbar memastikan mendukung penuh program Trans Sumatera Railway. Beberapa langkah terkait dukungan itu telah disiapkan, salah satunya membantu peme­rintah kota/kabupaten membebaskan kembali jalur kereta api dari banyak bangunan liar.

Gubernur Irwan Prayitno menyebut­kan, pihaknya mendapat banyak laporan, termasuk dari pihak PT KAI (Kereta Api Indonesia) yang menyebut banyak bangunan liar di atas rel, mulai dari pertokoan, hingga kantor pemerintahan, salah satu­nya Kantor Pol PP Kota Sawah­lunto.

“Informasi ini sudah kita dapatkan. Seluruh tanah yang dimiliki kereta api, banyak ber­diri bangunan. Namun, masya­rakat sudah tahu kalau itu milik kereta api, dan penggunaanya juga dikontrak. Sesuai dengan kontraknya jika sewaktu-waktu PT Kereta api membutuhkannya akan dila­kukan pembong­karan,” kata Irwan dalam rapat koor­dinasi dan walikota se Sumbar, dalam pembahasan jalur kereta api Trans Sumatra dan rencana reaktivasi jalur kereta api di Sumbar, kemarin (11/4) di Padang.

Ia menambahkan, terkait de­ngan pembongkaran nantinya tidak akan terjadi masalah. Kare­na, antara PT Keret api dan mas­yarakat sama-sama sudah memahami peraturan kontrak tersebut.  “Jadi pembongkaran bangunan sepanjang PT KAI tidak akan jadi persoalan nanti­nya. Jika walikota atau bupati tidak berani kami akan bantu,” tegasnya.

Selain itu, untuk program Trans Sumatra ini, tambah Irwan Prayitno sesuai dengan peren­canaannya setiap tahun atau dilakukan bertahap. Sekarang ini, untuk jalur Padang-BIM sudah tidak jadi persoalan, ting­gal peng­operasian diprediksi pertengahan tahun ini (Agus­tus,red).

Untuk tahun ini Padang Pan­jang- Bukittinggi sudah di mulai penetapan jalur, untuk jalur Riau juga sudah mulai penertiban bangunan dari rel kereta api. Program Trans Sumatra ini meru­pakan salah satu program ke­niscayaan dan tidak perlu di undur-undur lagi.

“Sudah saatnya kita meng­galakkan kereta api ini, Karena jalur kereta api ini merupakan kemajuan. Sebab, dengan Trans Sumatra ini banyak manfaat yang kita peroleh, antara lain meng­atasi macet, disiplin waktu. Me­nuntas kemacetan Padang-Bu­kittinggi tidak akan dihindari kalau bukan dengan mengaktifan kereta api. Perle­baran jalan tidak akan menjawab keresahan itu,” terang Irwan.

Irwan optimis sekali program ini akan berjalan lancar, sebab semua sarana sudah ada tinggal pengaktifan saja. Tidak perlu membangun dari awal, karena rel-rel yang sudah ada tinggal pembersihan dari bangunan liar serta menyambungkan dari satu kawasan ke kawasan lainnya.

 Kepala Divisi Regional II Sumatera Barat PT. KAI Sulthon Hasanudin mengakui sepanjang rel kereta api sudah banyak berdiri bangunan liar. Dia me­minta dukungan dari Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda). Program PT Ke­re­ta api atau program di bawah kementeriam BUMN meng­hidup­kan kembali kereta api atau reaktivasi.

 ”Dalam perjanjian kami dengan pengguna kawasan seki­tar rel sudah disebut, jika sewak­tu-waktu lahannya dibutuhkan pihak kereta api, pemilik bangu­nan liar harus  meninggalkan lahan tersebut,” ujarnya.

Di Sumbar, terdapat ribuan bangunan liar yang menunggu giliran penertiban dari institusi terkait. Selama pihak PT KAI belum didesak kepentingan peng­gunaan lahan, masyarakat masih mendapat kesempatan menem­pati bangunan liar yang sebagian sudah terikat  perjanjian kontrak dengan pihak KAI.(h/ows)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 22 Maret 2020 - 06:05:41 WIB

    Wali Kota Padang Dorong Pemprov Sumbar Tutup Sementara BIM

    Wali Kota Padang Dorong Pemprov Sumbar Tutup Sementara BIM PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Wali Kota Padang Mahyeldi Ansharullah mengusulkan kepada Pemerintah Provinsi Sumatera Barat untuk menutup sementara jalur penerbangan Internasional sebagai upaya pencegahan Covid-19..
  • Kamis, 09 Januari 2020 - 18:14:04 WIB

    Wow, Pemprov Sumbar akan Sulap Muaro Batang Arau Jadi Magnet Kapal-kapal Pesiar

    Wow, Pemprov Sumbar akan Sulap Muaro Batang Arau Jadi Magnet Kapal-kapal Pesiar Pemprov Sumbar bakal mengembangkan pelabuhan Muaro Batang Arau menjadi ikon baru untuk menarik wisatawan dan menggairahkan roda perekonomian masyarakat. Pelabuhan yang merupakan jalur transit dari Eropa ke Jawa itu bakal disu.
  • Kamis, 06 Desember 2018 - 10:31:48 WIB

    Pelajari Penertiban Hiburan Malam, Pemko Kunker ke Pemprov Jakarta 

    Pelajari Penertiban Hiburan Malam, Pemko Kunker ke Pemprov Jakarta  PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Keberhasilan Pemprov DKI Jakarta menutup tempat hiburan malam bermasalah tanpa menimbulkan polemik dan kegaduhan mendapat apresiasi dari berbagai pihak. Salah satunya dari Pemko Padang..
  • Kamis, 06 Desember 2018 - 10:31:48 WIB

    Pelajari Penertiban Hiburan Malam, Pemko Kunker ke Pemprov Jakarta 

    Pelajari Penertiban Hiburan Malam, Pemko Kunker ke Pemprov Jakarta  PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Keberhasilan Pemprov DKI Jakarta menutup tempat hiburan malam bermasalah tanpa menimbulkan polemik dan kegaduhan mendapat apresiasi dari berbagai pihak. Salah satunya dari Pemko Padang..
  • Kamis, 22 Maret 2018 - 02:30:51 WIB
    SOAL MEGATHRUST

    BMKG Ingatkan Pemprov

    BMKG Ingatkan Pemprov PADANG, HALUAN — Ancaman gempa dahsyat belum surut di Sumbar mengingat potensi Megathrust Mentawai masih harus disikapi oleh Pemprov Sumbar.  Melihat kondisi itu, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG)  meng.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]