Warga Padang Sibusuk Aktifkan Siskamling


Selasa, 12 April 2016 - 11:12:28 WIB

SIJUNJUNG, HALUAN — Warga Ke­nagarian Padang Sibusuk,  Kecamatan Kupitan kembali mengaktifkan program Sistem Keamanan Lingkungan (Sis­kam­ling).Kegiatan ini dilakukan seiring makin maraknya  pencurian yang terjadi di Kenagarian Padang Sibusuk belakangan ini secara berturut-turut.

Dari informasi yang diperoleh, sejumlah warga kenagarian tersebut mengaku ke­hilang­an laptop, uang, dan barang berharga lainnya seperti emas. Bahkan dalam satu malam terjadi lima kali aksi pencurian di beberapa rumah warga, namun dua aksi berhasil dipergoki warga dan maling pun melarikan diri.

Wali Nagari Padang Sibusuk Edrifen didampingi Kepala Jorong Kapalo Koto Imran Catio mengatakan bahwa kegiatan siskamling ini dimulai sejak hari Sabtu (9/4) kemarin dengan melibatkan warga laki-laki dewasa. “Untuk hari pertama Sis­kam­ling ini diikuti sekitar tujuh atau delapan pria dari tiap Jorong yang ada di Nagari Padang Sibusuk. Siskamling digelar setiap malam dari pukul 23.00 sampai 05.00 dini hari,” kata Edrifen.

Edrifen menambahkan setiap bertugas, warga melakukan patroli keliling sekaligus memantau daerah yang rawan terhadap aksi pencurian. Tidak hanya itu, setiap tamu yang berkunjung di Jorong-Jorong dalam wilayah Nagari Padang Sibusuk di atas pukul 23.00 juga akan diperiksa. “Petugas ronda melakukan patroli keliling dan memantau daerah-daerah yang rawan. Tidak hanya itu, kami juga memeriksa setiap tamu yang berkunjung di atas pukul 23.00 malam,” ujarnya kepada wartawan, Senin (11/4) diruangan kerjanya.

Sementara itu, Kapolres Sijunjung AKBP Dwi Sulistyawan didampingi Kapol­sek IV Nagari AKP Armen Sirin menga­takan bahwa menjaga keamanan ling­kungan pada dasarnya bukan hanya tugas kepolisian. Peran serta masyarakat dalam mengantisipasi gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) juga sangat diperlukan. Kehadiran siskamling dapat mendukung program pemerintah daerah dan kepolisian untuk menciptakan lingkungan yang lebih kon­dusif. ”Sis­kamling sangat diperlukan untuk menjaga keamanan lingkungan guna mendeteksi dini terhadap tindak kejahatan dan gang­guan keamanan. Polisi butuh masyarakat sebagai mitra dalam hal ini,” kata Dwi Sulistyawan

Di samping itu, pihaknya selalu me­me­rintah­kan kepada jajaran polsek untuk melakukan patroli malam guna men­dukung terciptanya keamanan. “Mening­katkan kebersamaan dan kekompakan masyarakat sebagai mitra polisi adalah tanggung jawab kita bersama. Sama-sama kita dituntut untuk saling bahu-membahu demi kepentingan masyarakat. Siskamling yang sudah ada harus tetap dihidupkan. Jangan hanya dijadikan hiasan saja,” ujarnya.

Pihak Polres Sijunjung juga men­yam­paikan apresiasi terhadap peran serta masyarakat di sejumlah wilayah Kabupaten Sijunjung, karena telah membantu dalam menjaga kamtibmas di wilayah masing-masing. “Kami berharap kerja sama ini dapat terus terjalin guna mewujudkan kamtibmas di Kabupaten Sijunjung kon­dusif,” ungkapnya. (h/ogi)

 

 

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]