Jalan Lintas Talu Putus Total

Tiga Rumah di Pasbar Tertimbun Longsor


Selasa, 12 April 2016 - 15:06:27 WIB

PASBAR, HALUAN — Ben­cana yanah longsor meng­hantam tiga rumah warga di Jorong Perhimpunan Talu Kecamatan Talamau Ka­bu­paten Pasaman Barat, Senin (11/4) sekitar pukul 20.30 WIB tadi malam. Tidak ha­ nya itu, longsor juga meng­akibatkan jalan lintas menuju Kabupaten Pasaman melalui Talu putus total.

“Benar, tiga titik longsor kembali hantam Talu Ke­camatan Talamau Senin ma­lam. Tiga rumah tertimbun longsor. Dua rumah cukup parah dan satu tertimbun ringan,” kata Camat Ta­lamau, Etris Dsem kepada wartawan tadi malam.

Ia menambahkan tidak ada korban jiwa saat rumah tersebut dihantam longsor, karena ada sebagian pemilik rumah sedang keluar dan ada yang berusaha me­nye­lamatkan diri. Tiga titik longsor tersebut terjadi di jalan Jorong Perhimpunan, Kelok Kaca dan Lubang Jepang Talu.

Ia menyebutkan akibat longsor tersebut arus trans­portasi dari Simpang Empat Pasaman Barat menuju Lu­buk Sikaping Kabupaten Pasaman melalui Talu ter­putus total.

“Hingga saat ini jajaran Muspika Talamau, BPBD, Dinas Pekerjaan Umum dibantu masyarakat sedang menuju lokasi untuk mem­berikan bantuan kepada warga serta membersihkan material longsor,” jelasnya seperti diwartakan ant­a­rasumbar.

Ia menyebutkan, long­sor diduga dipicu oleh hujan lebat yang terjadi sejak Senin (11/4) sore. “Rumah yang tertimbun longsor adalah rumah di dekat kelok kaca milik Mirsal, En dan Bu­yung. Beruntung tidak ada korban jiwa,” terangnya.

Ia menambahkan selain material longsor seperti batu, pasir dan tanah juga dua batang kayu besar ikut tumbang dan melintang di tengah jalan. “Saat ini kami terus berupaya membantu warga dan membuka akses jalan, namun terkendala hujan lebat,” katanya.

Talamau me­­­ru­pakan sa­lah satu ke­ca­matan di P­a­saman Barat yang rawan ben­cana longsor karena dae­rahnya terdiri dari per­bu­kitan. Dae­rah ini menjadi salah satu jalan penghubung pada dua ka­bupaten yakni Kabupaten Pasaman Barat menuju Ka­bupaten Pasaman.

Pantauan di lokasi hing­ga pukul 21.15 WIB tadi malam, puluhan kendaraan terjebak antre karena tidak bisa melalui ruas jalan dari kedua arah. . (h/yan)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]