Kepala Desa Belum Terima Gaji


Rabu, 13 April 2016 - 02:26:52 WIB
Kepala Desa Belum Terima Gaji

ANAMBAS, HALUAN  — Se­jumlah kepala desa belum men­dapat gaji dan biaya ope­rasional lain, menyusul penyu­sunan Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APBBDes) terlambat.

Sehingga kucuran Alokasi Dana Desa (ADD) tahap pertama sebesar 25 persen tidak dapat dikucurkan.

“Perlu saya luruskan be­lum masuknya ADD triwulan I itu bukan terlambatnya SPJ namun karena sejumlah desa itu terlambat dalam penyu­sunan APBDes, dan diperlu diketahui  ADD itu, baru tahun 2016 ini ada,” demikian disampaikan Asmarandi,  Ketua Bamus Desa Kabu­paten Kepulauan Anambas (KKA), Senin (11/4).

Diakui Asmarandi me­mang memang ada beberapa desa yang belum dapat men­cairkan dana 25 persen tri­wulan per­tama karena dite­tapkannya Sekda sebagai ter­sangka.

“Untuk itu saya dititipkan pesan dari teman-teman Kepala Desa untuk menyam­paikan dan meminta solusi dari Bupati agar dana ADD ini dapat dicairkan, jadi kita menunggu bupati pulang,” ungkapnya.

Lebih jauh pria yang juga Kepala Desa Tarempa Barat ini menjelaskan,  sudah ba­nyak juga desa di Anambas yang sudah cair ADD triwulan 1. Salah satu contoh adalah Desa Tarempa Barat.

“Yang pertama mengaju­kan itu sudah cair dan kades gelombang kedua yang me­nga­jukan ini belum cair,” bebernya.

Sebenarnya dalam pe­nyu­su­nan APBDes tambah As­marandi para kepala desa masih membutuhkan Bim­bingan Tekhnis (Bimtek) un­tuk menambah pengetahuan Kepala Desa. Karena tak dapat dipungkiri saat ini da­lam pengelolaan keungan desa itu seperi APBD mini.

“Selain itu kita juga butuh tenaga tekhnis untuk pem­bangunan, contoh ok lah kita bisa menghitung berapa biaya untuk pembangunan jalan na­mun apakah kita bisa membuat gambar tekhnis ten­tu hal semacam ini perlu ban­tuan tenaga-tenaga teknis,” tuturnya.

Disinggung sejumlah ka­des yang terlibat masalah, Asmrandi mengungkapkan sebagai seorang kepala wila­yah disuatu desa tentu saat ini Kepala Desa mengemban tugas yang tidak ringan. Untuk itu disarankan agar para Ka­des yang ada untuk mema­hami tugas dan tanggung ja­wab, jalankanlah anggaran yang telah diberikan peme­rintah itu dengan sebaik-baiknya sesuai dengan apa yang ada. (h/yud)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]