Dana Jaminan Kesehatan Naik Jadi Rp7 Miliar


Rabu, 13 April 2016 - 02:29:26 WIB

PARIAMAN, HALUAN — Tiap tahun dana Jaminan Kesehatan Sabiduak Sadayuang yang digelontorkan Pemerintah Kota Pariaman naik. Tahun 2015 biaya pertang­gungan tambah premi yang dianggarkan Rp5 miliar, tahun 2016 menjadi Rp7 miliar.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Paria­man, Bakhtiar kepada Haluan Senin (11/4), mengatakan, memang dana pertangunggan itu naik di APBD, dan kalau dana itu tersisa, pasti sisanya akan kembali ke kas daerah.

Penggunaan dana untuk pertanggungan berobat warga dari pemerintah tidak ada masalah, karena nilai pertanggunganya jelas maksimal Rp10 juta paling tinggi.

Nilai tersebut termasuk pasien dari puskesmas yang dirujuk ke rumah sakit yang sudah ditunjuk dalam kesepakatan terda­hulu.

Rumah sakit yang menjadi rujukan dari Jaminan Kesehatan Sabiduak Sadayuang atau yang lebih dikenal dengan nama JKSS tersebut adalah RSUD Pariaman dan Rumah Sakit M Jamil Padang serta HB Yasin Ulu Gaduik Padang.

Penyakit yang paling sering  dirujuk tersebut adalah penyakit kronis, contoh diabetes melitus atau sakit gula, hipertensi dan strok serta TB.

Lama pertanggungan yang diberikan JKSS tersebut sampai batasan biaya ter­tinggi yaitu Rp10 juta. Misal, klaim JKSS dalam 3 bulan berobat sudah menghabiskan dana Rp10 Juta, untuk lanjutanya biaya pengobatan ditanggung secara mandiri oleh keluarga pasien. Sebab biaya yang Rp10 juta itu dalam anggaran 1 tahun.

Bakhtiar mengatakan, Jaminan Kese­hatan Sabiduak Sadayuang yang digelon­torkan oleh pemerintah Kota pariaman sejak beberapa tahun lalu, tidak terin­tgegrasi dengan BPJS. Tetapi kalau dulunya, berkolaborasi dengan Askes.

Persoalan yang sering dihadapi sekarang terang Bahtiar adalah, tentang warga kota yang mengalami kecelakaan lalu lintas.

JKSS tidak ada MoU terkait per­tangu­ngan masalah kecelakaan lalu lintas, jadi kita tidak bisa manfaatkan JKSS untuk biaya kecelakaan lalu lintas. Jelas Bahktiar.(h/tri)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]