Tanaman di Pulau Angso Duo Diinventarisasi


Rabu, 13 April 2016 - 02:31:04 WIB
Tanaman di Pulau Angso Duo Diinventarisasi Walikota Pariaman, Mukhlis R, sedang memasang label nama sebuah pohon di Pulau Angso Duo.

PARIAMAN, HALUAN — Inventarisasi dan pemberian nama tanaman yang ada di Pulau Angso Duo Kota Pa­riaman, dilakukan peme­rintah setempat bersama Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP­PM) Universitas An­dalas Padang jurusan Bio­logi.

Kegiatan ini ditandai dengan pemasangan label nama pada tanaman oleh Walikota Pariaman, Mukhlis R di lokasi.

“Kegiatan ini berguna untuk lingkungan hidup dan pariwisata, disamping untuk konservasi sekaligus sebagai edukasi, dimana masya­rakat, mahasiswa dan siswa. Mereka bisa belajar ke Pu­lau Angso Duo untuk me­nge­nal nama-nama pohon pelindung dan pohon ber­buah”, ungkap Walikota Pariaman, Sabtu (9/4).

Pemerintah Kota Pari­aman sudah lama melaku­kan kerjasama dengan Lem­­­baga Pengabdian Uni­­ver­sitas andalas, ter­masuk de­ngan kegiatan inven­ta­risasi tanaman di Pulau Angso Duo, kajian tentang penyu, kajian tentang hutan Kota dan penanaman po­hon lang­ka, Fish Apar­temen yang dalam pe­nyam­paian dari salah satu dosen Unand hal ini adalah yang terbaik di Indonesia dan sudah dipa­tenkan oleh FMIPA Unand.

Mukhlis R, juga alumni Fakultas FMIPA Jurusan biologi UNAND dan dia berharap kunjungan Lem­baga Penelitian dan Pengab­dian Masyarakat (LPPM) Universitas Andalas, juru­san Biologi dapat menjadi promosi berkelanjutan un­tuk berwisata ke Kota Pa­riaman.

Rombongan dipimpin senior Purnabakti UNAND Padang, Marlis Rahman dan mantan Rektor Unand, Siti Salmah, Idrus Abbas, Syaridal Dahlan serta diikuti Pembantu Dekan III FMI­PA Syamsuardi, Ketua Senat Ardimis Arbain, Ketua Pa­nitia Mairawita Marlis rah­man, Ketua Jurusan Biologi FMIPA Unand Jabang Nur­din, serta segenap civitas akademika Unand yang ter­diri dari para dosen, ma­hasiswa/mahasiswi jurusan biologi FMIPA Unand Pa­dang.

Sementara Pembantu Dekan III FMIPA Syam­suardi, mewakili Rektor Unand mengatakan, kegia­tan yang dilakukan bertu­juan mendorong ma­syarakat ikut mem­bangun ekosistem tanaman yang akan mening­katkan kuali­tas lingkungan hidup yang lebih baik’

Selain itu dengan teri­ventarisirnya tanaman disini akan mampu mengenalkan kepada para pengunjung pulau tentang nama latin dari berbagai tanaman yang ada.

Kegiatan dihadiri juga oleh Kapolres Kota Paria­man AKBP Ricko Junaldi, dan sejumlah pejabat di lingkungan pemeriontah Kota Pariaman.(h/tri)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]