Pariaman Berantas Hama Tikus


Rabu, 13 April 2016 - 02:36:03 WIB
Pariaman Berantas Hama Tikus Wakil Walikota Genius Umar, petani dan TNI sedang membuat alat perangkap tikus, sekaligus memasang alat tersebut di areal sawah petani.

PARIAMAN, HALUAN  — Dinas Pertanian Kota Pariaman, melaksanakan kegiatan pengendalian hama tikus bersama kelompok tani di areal pertanian padi sawah, di Desa Cubadak Air Utara dan Desa Manggung, Kecamatan Pariaman Utara, Minggu(10/4).

Kegiatan dilakukan terkait serangan hama tikus yang mengganas dan telah merusak lebih 5% tanaman padi petani di daerah setempat.

Wakil Walikota Pariaman, Genius Umar dan sejumlah anggota TNI, bersama-sama dengan petani,turut serta dalam pengendalian hama tikus tersebut.

Berdasarkan laporan Pe­tugas Penyuluh Pertanian Kecamatan Pariaman Utara dan hasil Pengamatan Hama dan Penyakit Tanaman (PHP) oleh Dinas Pertanian Kota Pariaman, bahwa  telah terjadi serangan hama tikus di areal tanaman padi pada sawah petani.

“Siklus serangan hama tikus selalu terjadi setiap 5 tahun dan puncaknya terjadi pada tahun 2016 ini. Dan saat ini telah 11 ha tanaman padi masyarakat Pariaman Utara yang diserang hama tikus dan luas areal sawah yang teran­cam serangan hama tikus diperkirakan 600 ha lebih”. Ungkap Kepala BPP Paria­man Utara, Mulyadi.

Wakil Walikota Pariaman Genius Umar meng­instruk­sikan Kepala Dinas Pertanian Agusriatman agar melarang masyarakat berburu burung elang dan burung hantu ka­rena kedua hewan tersebut dapat membantu petani me­ngu­rangi populasi tikus di Kota Pariaman

Di samping berburu tikus, Wakil Walikota Kota Paria­man Genius Umar dan masya­rakat juga melakukan pem­bersihan sanitasi di areal pertanian padi sawah.

Diharapkan dengan ada­nya kegiatan ini dapat mengu­rangi populasi hama tikus dan dapat meningkatkan keak­raban antar sesama petani, sehingga dapat mengatasi permasalahan yang timbul akibat ganguan dari hama tikus dan gangguan lainnya.(h/tri)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]