Izin Pembangunan Rest Area Sicincin - Malalak Dibahas


Rabu, 13 April 2016 - 02:37:50 WIB
Izin Pembangunan Rest Area Sicincin - Malalak Dibahas Salah satu lokasi jalan tikungan di Sicincin – Malalak yang membutuhkan lokasi rest area.

Agam, Haluan — Pemerintah Kabupaten Agam berencana bakal melakukan pembangunan rest area (tempat peristirahatan) jalan Sicincin - Malalak di tepatnya di Jorong Nyiur Nagari Malalak Selatan Kecamatan Malalak.

Pembahasan ini akan me­ng­undang tim dari Bappeda, DPU Agam, Hutbun, Dis­hubkominfo Agam, Dinas Kesehatan Kabupaten Agam, Bagian Hukum, Bagian Ad­ministrasi Pertanahan, Camat, Walinagari dan perwakilan masyarakat setempat.

Kepala BPLH Kabupaten Agam Edi Busti di Lubuk Basung, Se­lasa (21/4)  mengatakan, pe­markarsa pembangunan rest area ini telah mengajukan permohonan izin lingkungan kepada Bupati Agam melalui Badan Pengelola Lingkungan Hidup (BPLH) Kabupaten Agam.

Pengajuan tersebut dila­kukan berdasarkan peraturan pemerintah (PP) no. 27 tahun 2012 tentang izin lingkungan pasal 3 ayat 2 bahwa usaha atau kegiatan yang memiliki dampak ter­hadap lingkungan wajib me­ngajukan Amdal/UKL-UPL.

“Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Agam selaku pemrakarsa yang me­miliki kegiatan telah me­ngajukan permohonan, hal ini juga bersesuian dengan Per­men LH No. 5 tahun 2012 termasuk kegiatan yang wajib UKL-UPL,” jelasnya.  

Kegiatan pembangunan rest area juga akan diu­mum­kan. Kemudian Dokumen UKL-UPL ini akan dinilai kelayakan lingkungan pada pembahasan oleh tim, Jumat (15/04) mendatang. Apabila dinyatakan layak oleh tim akan dikeluarkan izin ling­kungan oleh bupati, sebagai salah satu syarat untuk me­laksanakan pembangunan.

“ Rencana ini akan dires­pon paling lambat tiga hari terhitung 12 April 2016, ma­syarakat dapat memberikan saran, pendapat dan tang­gapan atas permohonan izin lingkungan usaha atau kegi­atan kepada BPLH Agam. Hal ini nantinya juga akan menjadi pertimbangan dari persetujuan dalam pem­bangunan tersebut,” jelasnya.

“ Izin lingkungan harus dimiliki pemerintah maupun swasta selaku pemrakarsa. Keberadaan izin tersebut merupakan wajib dalam setiap pembangunan apalagi dalam pembangunan sebuah rest area,” jelasnya. (h/yat)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]