Hati-Hati Pilih Fakultas Kedokteran


Rabu, 13 April 2016 - 02:40:09 WIB
Hati-Hati Pilih Fakultas Kedokteran

JAKARTA, HALUAN — Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) menya­ran­kan masyarakat dan calon mahasiswa agar berhati-hati dalam memilih fakultas kedokteran. Saran tersebut disampaikan YLKI supaya masyarakat tidak terkecoh berkuliah di fakultas dengan kualitas akreditasi C.

“Akhir-akhir ini pendidikan kedokteran sedang mengalami booming dengan kua­litas yang masih meragukan. Saat ini saja, 40 persen fakultas kedokteran di Indonesia baru mendapatkan akreditasi C,” kata Ketua Pengurus Harian YLKI Tulus Abadi di Jakarta, Selasa (12/4).

Tulus mengatakan Indonesia saat ini memiliki 75 fakultas kedokteran di ber­bagai universitas. Bahkan, pada tahun ajaran 2016 akan dibuka kembali delapan fakultas kedokteran. Dari 75 fakultas kedokteran yang ada saat ini, yang terakreditasi A baru 14 fakultas (19 persen), akreditasi B sebanyak 31 fakultas (41 persen) dan 30 fakultas terakreditasi C.

Dalam pandangan YLKI, bila ingin konsisten dengan mutu pendidikan ke­dokteran dan lulusannya, maka fakultas kedokteran yang akreditasi C sebaiknya berupaya meningkatkan diri terlebih dulu agar mendapat akreditasi B. (h/rol)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]