Tahun Ini Citra Swalayan Grup Buka 23 Cabang


Rabu, 13 April 2016 - 02:42:34 WIB

PADANG, HALUAN — Salah satu supermarket terbesar di Kota Padang, Citra Swalayan, akan melebarkan sayapnya hingga beberapa tahun ke depan, dengan membuka puluhan cabang.

Direktur Citra Swalayan, Redian Fikri Guspardi me­nga­takan, saat ini Citra Swalayan memiliki 18 ca­bang yang dominan di Kota Padang. Mulai 2016 hingga 2019, pihaknya menar­get­kan memiliki 120 cabang di Sumatera Barat, terutama Kota Padang. Untuk tahun ini, pihaknya menargetkan untuk membuka 23 cabang di ibukota provinsi ini.

“Mulai Januari hingga April ini, kami membuka tiga cabang,” kata Redian kepada Haluan di Citra Swalayan di Jalan Andaleh, Selasa (12/4). 

Puluhan cabang yang akan dibuka pihaknya pada tahun ini menggunakan mo­dal sendiri. Pada 2017 nanti, pihaknya akan membuka cabang dengan sistem wara­laba (kerja sama bagi hasil).

Redian menjelaskan, pihaknya akan mencari to­ko-toko swalayan yang me­mi­liki bangunan sendiri, untuk diajak bekerja sama dengan Citra Swalayan. Mo­dal toko tersebut tetap bera­sal dari pemiliknya, hanya saja nama toko ter­sebut menggunakan merek Citra Swalayan, dan me­makai manajemen Citra Swalayan.

Kerja sama demikian, kata Redian, tidak hanya me­nguntungkan Citra Swa­la­yan yang namanya akan se­makin terkenal dengan pe­makaian merek seperti itu, tapi juga mengun­tung­kan kedua belah pihak. Pe­mi­lik toko yang diajak be­ker­­ja sama akan menda­pat­kan keuntungan dari sana karena tokonya yang mema­kai merek Citra Swa­la­yan akan semakin ramai pe­ngun­jung. Selama ini, Citra Swalayan sudah dike­nal dan dipercaya oleh ma­sya­rakat sebagai super­mar­ket yang nyaman untuk berbelanja.

“Daripada memulai usa­ha dari nol dengan nama sendiri, lebih baik memakai nama Citra Swalayan. Tu­juan bisnis pada akhirnya adalah keuntungan. Jadi, kami nanti menjual merek dan manajemen,” kata anak Wakil Ketua DPRD Sum­bar, Guspardi Gaus ini.

Untuk mewujudkan tar­get memiliki 120 cabang tersebut, Redian menyiap­kan konsep manajemen ter­se­but. Konsep tersebut akan dimulai tahun ini. Pihaknya mulai membenahi sumber daya manusia (SDM) karya­wan Citra Swalayan dengan sistem indikator kinerja. Dengan sistem itu, pihaknya akan memantau, menge­va­luasi, dan mengoreksi kegia­tan dan gerak-gerik karya­wan, untuk kemudian diberi nilai dan konsekuensi. Kar­ya­wan yang tidak mampu menyesuaikan diri dengan konsep tersebut, akan ter­depak dengan sendirinya.

Redian melanjutkan, setelah membenahi SDM karyawan, pihaknya akan membenahi keseimbangan barang. Yang terjadi selama ini, ketersediaan barang yang laris sering kosong atau menipis, dan ketersediaan barang yang tidak laris cen­derung banyak sehingga bertumpuk.

Yang terakhir akan dibe­nahi pihaknya adalah hubu­ngan dengan konsumen. Menurut Redian, konsumen adalah aset bagi Citra Swa­la­yan. Pihaknya akan mem­bangun hubungan lebih de­kat dengan konsumen de­ngan cara mencari tahu pelayanan yang diinginkan oleh konsumen.

Redian menambahkan, setelah pihaknya berhasil membenahi tiga kategori tadi, yakni karyawan, ba­rang, dan konsumen, pihak­nya percaya diri untuk mele­barkan sayap dengan sistem waralaba. (h/dib)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 09 Juli 2020 - 12:30:39 WIB

    Erick Thohir: Kegiatan Bisnis Diperkirakan 100% Pulih Tahun 2022

    Erick Thohir: Kegiatan Bisnis Diperkirakan 100% Pulih Tahun 2022 HARIANHALUAN.COM - Menteri BUMN Erick Thohir memperkirakan dunia usaha belum akan pulih total pada tahun ini. Erick mengatakan, dunia usaha baru akan pulih pada kuartal I 2022. Namun, Erick mengatakan, itu juga tergantung den.
  • Rabu, 01 Juli 2020 - 12:01:31 WIB

    Sumbar Targetkan Produksi Beras 3 Juta Ton per Tahun

    Sumbar Targetkan Produksi Beras 3 Juta Ton per Tahun HARIANHALUAN.COM - Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit menjelaskan, bahwa Sumbar merupakan salah satu dari 17 Provinsi penyangga produksi pada Nasional, untuk mendukung swasembada pangan yang berkelanjutan..
  • Ahad, 28 Juni 2020 - 18:38:33 WIB

    Jika Proyek Kilang Minyak Tuntas, Tahun 2026 Indonesia Tak Lagi Impor BBM

    Jika Proyek Kilang Minyak Tuntas, Tahun 2026 Indonesia Tak Lagi Impor BBM HARIANHALUAN.COM - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengungkapkan pada 2026 mendatang Indonesia tak akan lagi mengimpor Bahan Bakar Minyak (BBM) seiring kehadiran sejumlah proyek kilang minyak..
  • Selasa, 23 Juni 2020 - 12:01:29 WIB

    Menperin: Diprediksi Tahun 2024 Industri RI Kekurangan 2,5 Juta Pekerja

    Menperin: Diprediksi Tahun 2024 Industri RI Kekurangan 2,5 Juta Pekerja HARIANHALUAN.COM - Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita mengungkapkan bahwa Indonesia bakal kekurangan 2,5 juta sumber daya manusia (SDM) atau pekerja sektor industri pada 2024..
  • Jumat, 19 Juni 2020 - 10:34:27 WIB

    Begini Proyeksi Terburuk Ekonomi RI Tahun Ini

    Begini Proyeksi Terburuk Ekonomi RI Tahun Ini HARIANHALUAN.COM - Ketidakpastian kapan berakhirnya pandemi virus Corona alias COVID-19 berdampak besar bagi perekonomian Indonesia. Sampai-sampai pemerintah kembali merevisi angka proyeksi pertumbuhan ekonomi nasional di tah.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]