Dampak Sail Komodo, Tingkat Hunian Hotel di Padang Meningkat


Rabu, 13 April 2016 - 02:43:50 WIB
Reporter : Tim Redaksi

PADANG, HALUAN — Sail Komodo membawa ke­be­runtungan bagi perhotelan di Kota Padang. Pasalnya, be­berapa hotel mengalami pe­ning­katan hunian kamar hing­ga beberapa hari ke de­pan.

Executive Assistant Ma­nager (EAM) Premier Bas­ko Ho­tel, Roby Wiryawan me­nga­­takan, terjadi pe­ning­katan hu­nian hotel hingga 20 per­sen. Peningkatan terse­but su­dah dimulai sejak ke­marin hing­ga beberapa hari ke de­pan.

“Dari dua hari yang lalu sudah banyak yang memesan kamar hingga dua hari ke depan. Kami sudah menyiap­kan segala sesuatunya dengan matang dari berbagai segi. Misalnya saja dari pelayanan fasilitas kamar dan fasilitas lainnya, kemudian dari menu makanan kita juga sudah bera­gamkan karena dominan dari orang asing yang menginap,” terangnya kepada Haluan, Selasa (12/4).

Ia mengatakan, tidak ha­nya warga asing yang ramai menginap, dari daerah lain yang berada di Sumbar juga ramai berdatangan karena ingin menyaksikan Sail Ko­modo. Senada dengan Basko Hotel, Rocky Hotel Padang juga mengalami peningkatan hunian hotel dari warga asing. Sail Komodo memang mem­bawa keberuntungan.

General Manager Rocky Hotel Padang, Emir Yahya menyampaikan, hingga 15 April 2016, Rocky Hotel penuh oleh hunian nginap kamar. “Biasanya juga ramai, namun kali ini ramainya hingga penuh yang menginap dan memesan kamar karena Sail Komodo ini. Meski demi­kian, kami tidak menaikkan ataupun menurunkan harga inap kamar. Harga tetap nor­mal sesuai tingkatan ka­mar­nya,” kata Emir.

Ia menambahkan, fasilitas yang diberikan juga sesuai dengan harga kamar yang tersedia. “Kita mem­vasia­sikan menu makanan dan sarapan saja supaya tamu kamar tidak bingung jika menginginkan yang biasa di negaranya.

Sementara itu, Ketua Per­him­punan Hotel dan Res­toran Indonesia (PHRI) Wi­la­yah Sumbar, Yusran Mau­lan mengatakan, tingkat hu­nian hotel sejak dua hari belakangan, mencapai 70 hingga 80 persen, karena iven Sail Komodo.

Pihaknya bersyukur de­ngan diselenggarakannya Sail Komodo di Sumatera Barat karena pada bulan low season bagi pengusaha hotel, yakni Januari hingga April ini, tamu hotel sedikit. Dengan adanya Sail Komodo, pengusaha ho­tel sangat terbantu.

Meski Sail Komodo bu­kan iven Pemda Sumbar, pihaknya ber­harap kepada Pemda Sum­bar untuk lebih banyak me­nga­­dakan iven besar untuk me­ngimbangi bulan low sea­son.

Bicara soal bulan low season bagi pengusaha hotel di Sumbar, kata Yusran, bulan low season pada tahun ini bertambah hingga April, dari yang biasanya mulai Januari hingga Maret. (h/win/dib)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM