Sumbar Targetkan Peningkatan UNBK Setiap Tahun


Rabu, 13 April 2016 - 02:50:40 WIB

PADANG, HALUAN —Di­nas Pendidikan dan Ke­bu­dayaan (Disdikbud) Su­ma­tera Barat menargetkan setiap tahunnya terjadi pe­ning­katan sekolah pelak­sana Ujian Nasional Ber­basis Komputer (UNBK). Hal tersebut agar ter­capai­nya efisiensi waktu dan UN yang berintegritas.

Kepala Disdikbud Sum­bar Syamsurizal menga­ta­kan, tahun 2015 hanya satu sekolah yang laksanakan UNBK, dan tahun 2016 sudah meningkat menjadi 45 sekolah yang terdiri dari 6 SMP, 4 SMA, 35 SMK.

Untuk tahun 2017, ia mengusulkan ke Ke­men­terian Pendidikan agar an­ak-anak di sekolah yang lumayan bagus yang me­m­punyai laptop, akan melak­sanakan UNBK.

“Sementara, anak lain­nya yang tidak punya laptop akan memakai pengadaan komputer yang ada di seko­lah,” ujarnya, Sabtu (9/4).

Sebagai pembanding, ia mencontohkan di Surabaya 100 persen anak SMP dan SMAnya melakukan ujian dengan komputer. Se­men­tara Sumbar dengan jumlah SMA 39, tentunya akan bisa melaksanakannya. Untuk target ia mengaku tidak bisa mematokkannya, karena target ditentukan oleh ren­cana masing-masing sekolah.

“Saat ini di tahun 2016, sedang dilakukan penyu­su­nan, untuk dilaksanakan di tahun 2017 mendatang,” ulasnya.

Terkait temuan kunci jawaban pada pelaksanaan UNBK SMA/SMK ia mene­gas­kan, hingga saat ini belum ada satupun pihak yang dapat membuktikan kebenarannya.

“Untuk saat ini, te­muan kunci jawaban ter­sebut kan sedang di la­ku­kan pe­me­ri­k­sa­an di pu­sat,” ujarnya. (h/rin)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 12 Juli 2020 - 19:56:15 WIB

    Optimalkan Pembangunan Daerah, DPRD Sumbar Kunjungan ke Banten

    Optimalkan Pembangunan Daerah, DPRD Sumbar Kunjungan ke Banten HARIANHALUAN.COM - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sumatera Barat terus berupaya mencari metode yang tepat untuk mengoptimalkan pembangunan daerah. Diketahui, dalam menanggulangi dampak pandemi Corona (Covid-19.
  • Ahad, 12 Juli 2020 - 19:49:57 WIB

    Masih Ada 97 Pasien Covid-19 Dirawat di Sumbar

    Masih Ada 97 Pasien Covid-19 Dirawat di Sumbar HARIANHALUAN.COM - Kasus terkonfirmasi virus Corona di Sumatra Barat (Sumbar) telah menembus angka 800 orang hingga update data yang dikeluarkan oleh Juru Bicara Penanganan Covid-19 Sumatera Barat, Jasman Rizal sampai pukul 0.
  • Ahad, 12 Juli 2020 - 19:38:34 WIB

    RST Reksodiwiryo Catat Tiga Pasien Sembuh di Sumbar

    RST Reksodiwiryo Catat Tiga Pasien Sembuh di Sumbar HARIANHALUAN.COM - RST Reksodiwiryo kembali melaporkan tiga pasien positif Covid-19 dinyatakan sembuh berdasarkan uji swab negatif yang dilakukan sebanyak dua kali, sedangkan dua pasien lainnya berasal dari karantina BPSDM da.
  • Ahad, 12 Juli 2020 - 16:24:22 WIB

    Ingin Audiensi dengan DPRD Sumbar, Wali Murid Disambut Pejabat Struktural

    Ingin Audiensi dengan DPRD Sumbar, Wali Murid Disambut Pejabat Struktural HARIANHALUAN.COM - Kedatangan puluhan wali murid yang ingin beraudiensi ke Gedung DPRD Sumbar terkait Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) yang merasa dirugikan pada beberapa pihak mengenai aturan pemberlakuan zonasi disambut.
  • Ahad, 12 Juli 2020 - 16:21:35 WIB

    Tak Kunjung Temui Titik Temu Terkait PPDB 2020, Puluhan Wali Murid Datangi DPRD Sumbar

    Tak Kunjung Temui Titik Temu Terkait PPDB 2020, Puluhan Wali Murid Datangi DPRD Sumbar HARIANHALUAN.COM - Puluhan wali murid yang merasa dirugikan terkait persoalan zonasi pada Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2020, mendatangi Gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar)..

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]