Pemerintah Diminta Atasi Macet di Nagari Koto Baru


Rabu, 13 April 2016 - 02:54:58 WIB

PADANG PANJANG, HALUAN — Da­n­ramil 05 Kapten Inf, Syafrialis, telah menugaskan personil TNI Koramil 05 X Koto, untuk menertibkan kesemberautan pasar Nagari Koto baru yang selalu menjadi biang kemacetan di saat terjadinya transaksi jual beli di pasar tumpah tersebut.

Meskipun saat ini keterlibatan TNI telah membawa angin segar bagi warga dan pengendara, namun perhatian serta tin­dakan tegas dari pemerintah juga sangat di butuhkan untuk mengatasi per­ma­salahan yang telah terjadi sejak belasan tahun terakir.

Dari cacatan Haluan hingga Selasa (12/4) kemarin, segenap persoalan Pasar nagari Koto Baru, memang sudah men­jadi polemik dan perbincangan hangat Pemerintahan serta  masyarakat  sejak lama. Namun, persoalan kesemberautan dan kemacetan masih tetap saja meng­hantui masyarakat serta menjadi keluhan bagi pengendara yang melintas di Pasar Nagari Koto Baru  itu.

“Kita tidak pernah tau rencana pe­merintah untuk menyelasaikan persoalan pasar itu.  Namun, bagaimanapun kondisi pasar saat ini memang sudah menjadi perhatian Pemerintah untuk me­nye­lesaikan persoalan ini. Ya, kita sebagai warga  tidak bisa berbuat banyak ketika persoalan pasar telah dalam kondisi kronis. Mau tak mau instansi terlibat harus turun tangan,” tutur Beni seorang warga X Koto.

Tidak menampik,  Danramil Kap­ten  Inf,  Syafrialis,  sejak menerima amanah sebagai Pimpinan Komando Rayon Militer 05 X Koto sejak Januari 2016 lalu, mengaku  banyak laporan warga yang masuk secara lisan kepada dirinya. Untuk menyelesaikan persoalan pasar koto baru tersebut, pungkas Syafrialis, dirinya juga telah melakukan koordinasi langsung dengan Bupati Tanahdatar, untuk segera melakukankan pembenahan pasar.

“Menyikapi kondisi Pasar Nagari Koto Baru, saya telah melakukan koordinasi dengan Bupati, Dishub dan Satpol PP Tanahdatar untuk segera dibenahi, baik dari segi pembangun, aturan dan ma­nejemen pasar Koto baru ini,” sebut Syafrialis.

Lebihlanjut, Kapten Syafrialis, me­ng­ungkapkan sebelum rencana pemerintah untuk mengatasi persoalan pasar tersebut, dirinya telah menurunkan personil untuk terjun langsung ke lapangan untuk me­la­kukan pengawasan serta penertiban khu­susnya pada hari ramai pasar. “ Sejak ditu­runkannya anggota TNI melakukan pe­nga­wasan dan pengaman Pasar Koto Baru ini, tingkat kemacetan dan kesemberautan pasar dapat teratasi,” kata Syafrialis.

Sementara untuk persoalan pasar tersebut juga telah dibahas pada Mus­renbang kecamatan akhir akhir ini, kata Syarfialis, yang nantinya juga akan dikaji kembali di pemerintahan.(h/mg-pis)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]