Zulfadri: Tanah Datar Terapkan Smart City


Rabu, 13 April 2016 - 02:57:44 WIB
Zulfadri: Tanah Datar Terapkan Smart City

TANAH DATAR, HALUAN  —  Pemerintah melahirkan konsep e-Government un­tuk meningkatkan efesiensi dan efektifitas kinerja de­ngan harapan peningkatan pe­layanan kepada ma­sya­rakat lebih baik. Pemda mencoba menerapkan kon­sep Smart City atau kota cerdas yang merupakan konsep dalam me­man­faat­kan keamajuan tek­nologi in­for­masi mendukung pe­ nye­lenggaraan kegiatan pe­merintah dan pelayanan kepada masyarakat.

­Wakil Bupati Tanah D­a­tar Zuldafri Darma, Selasa (12/4) di aula kantor bupati, mengatakan dukungannya untuk mengadopsi konsep Smart City tersebut sesuai kemampuan dan kebutuhan daerah, sebut Zuldafri saat pembukaan sosialisasi pro­gram Smart City.

Hadir pada saat itu Wa­kil Ketua DPRD Irman, Sekda Hardiman dan para Asisten, Kepala PT Telkom Areal Sumbar wilayah Bu­kit­tinggi Adrian, BUMD, Pimpinan SKPD, camat dan walinagari se Tanah Datar.

Sementara itu Kepala Dinas Perhubungan Ko­mu­nikasi dan Informasi, Abrar menyampaikan, ter­lak­sa­nanya agenda itu adalah ker­jasama antara Pemkab Tanah Datar dengan PT Telkom Indonesia area Sum­bar.

Smart adalah sebuah bentuk kerjasama yang di­tawarkan Telkom Indonesia dengan memberikan dan menyediakan layanan in­ternet yang menjangkau seluruh SKPD bahkan sam­pai ke nagari di Tanah Da­tar, ulas Abrar.

Dikatakan, dengan pe­manfaatan teknologi infor­masi dan komunikasi (TIK) masih terkendala jaringan koneksi pada sebagian SKPD yang ada di Tanah Datar, terutama bagi SKPD yang jauh dari pusat kota seperti kecamatan dan na­gari. Sebagian SKPD telah memanfaatkan teknologi fiber optik milik pemda yang saat ini hanya 14 SKPD yang berada di lingkungan kantor bupati dan tujuh SKPD di sekitar Kota Batusangkar, ungkap Abrar. (h/fma)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]