Banjir Kembali Datang, Warga Tak Tenang


Rabu, 13 April 2016 - 03:07:43 WIB
Banjir Kembali Datang, Warga Tak Tenang SALAH satu titik banjir di kantor Bapedda Padang. (OSNIWATI)

PADANG, HALUAN —Ketika Pemerintah Kota Padang sibuk menyambut kedatangan Pre­siden Joko Widodo kemarin (12/4) sebagian titik banjir di Kota Padang menghampiri perumahan warga.

Padahal, belum genap se­bulan Kota Padang dilanda banjir bandang, dan hampir separo dari wilayah Kota Pa­dang tertimpa banjir.

Hal ini membuat warga yang bermukim di titik banjir stress hingga tidak bisa tidur ketika hujan semalam. Dari pene­lusuran Haluan kemarin, ada beberapa titik banjir yang berul­ang terjadi seperti 23 Maret lalu yakni kawasan Dadok Tunggul Hitam, Bypass, Lubeg dan be­berapa kawasan lainnya.

Salah seorang warga Dadok Tunggul Hitam, Silvi mengaku cemas ketika hujan datang. Apa­lagi tidak ada jawaban dari pemerintah terkait dengan pe­nanga­nan banjir. Kondisi ini juga yang menambah ke­cemasannya.

“Hujan yang datang dari malam itu hingga subuh mem­buat saya tidak bisa tidur. Takut air akan masuk rumah la­gi,”tandasnya.

Ia berharap, Kota Padang akan bisa terbebas dari banjir. Itu merupakan impiannya se­lama ini, karena kawasan dia tinggal memang menjadi lang­ga­nana banjir. Apalagi, tidak ada kejelasan terkait dengan perlebaran Maransi.

Menurut Kepala Badan Penanggulangan Bencana Da­erah dan Pemadam Kebakaran (BPBD dan PK ) Dedi Henidal banjir mulai masuk ke rumah warga sekitar Pukul 02.40 di Lubeg tepatnya di Batu Kasek.

Namun, banjir kali ini tidak begitu berbahaya dan tidak menelan kerugian cukup be­sar. di Jundul Rawang banjir cu­kup tinggi setinggi pinggang orang dewasa dan dan di dalam rumah setinggi lutut.

“Titik banjir di tempat yang biasa terjadi,”pungkas Dedi. Selain itu, ada beberapa pohon tumbang yang terjadi akibat hujan dan angin kencang kemarin (12/4) itu. Antara lain di jalan Prof Hamka salah satu pohon pelindung tumbang.

Menurut Dedi jika hujan terus menghampiri Kota Pa­dang tidak tertutup kemung­kinan banjir susulan akan terjadi. Tetapi, untuk siang hari kemarin itu, cuaca cukup cerah. (h/ows)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 17 Mei 2020 - 15:44:20 WIB

    BPBD Kota Padang Imbau Masyarakat Waspada Banjir dan Longsor

    BPBD Kota Padang Imbau Masyarakat Waspada Banjir dan Longsor HARIANHALUAN.COM - Sejak Minggu, (17/5/2020) pagi, sejumlah daerah Kota Padang diguyur hujan lebat. Hujan yang terjadi di sejumlah daerah di kota ini berpotensi terjadi banjir dan tanah longsor..
  • Rabu, 04 Maret 2020 - 01:00:44 WIB

    Wawako Tinjau Dampak Banjir dan Berencana Normalisasi Batang Timbalun Bungus

    Wawako Tinjau Dampak Banjir dan Berencana Normalisasi Batang Timbalun Bungus PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Wakil Wali Kota Padang Hendri Septa meninjau kondisi beberapa kawasan yang terdampak banjir akibat luapan sungai Batang Timbalun, Bungus Teluk Kabung (Bungtekab), Selasa (3/3). Banjir ini disebabka.
  • Kamis, 04 Juli 2019 - 22:12:30 WIB

    22 Titik Tuntas Tahun Ini, Pemko Padang Entaskan Kawasan  Rawan Banjir

    22 Titik Tuntas Tahun Ini,  Pemko Padang Entaskan Kawasan  Rawan Banjir PADANG,HARIANHALUAN.COM-Permasalahan sistem drainase meningkat seiring dengan bertambahnya jumlah penduduk di Kota Padang. Akibatnya, banjir dan genangan juga ikut meningkat terutama di musim penghujan. .
  • Jumat, 26 April 2019 - 16:15:20 WIB

    TPU Tunggul Hitam Mulai Dibanjiri Peziarah

    TPU Tunggul Hitam Mulai Dibanjiri Peziarah PADANG, HARIANHALUAN.COM - Jelang memasuki Ramadan 1440 H, hampir sama seperti tahun sebelumnya, Taman Pemakaman Umum (TPU) Tunggul Hitam mulai diramaikan dengan keluarga yang ingin berziarah. Meski belum signifikan, secara b.
  • Jumat, 01 Februari 2019 - 10:49:20 WIB

    DLH Padang: Jaring Sampah Banjir Kanal Tidak Efektif

    DLH Padang: Jaring Sampah Banjir Kanal Tidak Efektif PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Al Amin menyebutkan, mengatasi luapan sampah dengan memasang jaring kurang efektif. Menurutnya, ide kreatif dan terobosan baru harus diciptakan untuk benar-benar.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]