3 Mahasiswa Unand Diamankan


Rabu, 13 April 2016 - 03:12:38 WIB

PADANG, HALUAN — Pihak keamanan mengamankan tiga orang mahasiswa yang me­ne­robos barikade pengamanan presiden di kawasan Monumen Per­damaian, Muaro Lasak, S­e­lasa (12/4). Karena tak ada in­dikasi pidana, ketiganya akhir­nya dilepaskan kembali

Petugas keamanan me­nye­butkan, tiga orang mahasiswa yang ingin memberikan surat cinta, terpaksa ditangkap ka­rena menerobos ring satu pe­ng­amanan.

Tiga mahasiswa dari BEM KM Unand diamankan oleh Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) dan tim pe­nga­manan dari ring dua. Dari tangannya ditemukan surat cin­ta yang berisi aspirasi ma­ha­siswa terhadap per­kem­ba­ngan di Sumbar.

Tiga orang mahasiswa yang diketahui bernama Eko, Imran dan Iqbal tersebut sengaja ingin menyerahkan surat secara lang­sung kepada Jokowi. Da­lam surat yang bermotif batik itu tertulis kata ‘Surat Cinta Warga Sumbar untuk Presiden Joko Widodo’.

Dari pantaun Haluan, sete­lah Jokowi meresmikan Mo­numen Merpati Perdamaian, sejumlah Paspamres sibuk mengawal, bahkan Komandan Paspamres Mayjen Andika turun langsung mengawal Jo­kowi yang blusukan ke sejum­lah kerumunan warga.

Momen itulah yang di­man­faatkan oleh mahasiswa ter­sebut, dengan bersalaman dan mene­robos pengamanan ring satu.

Salah seorang mahasiswa tersebut, Eko mengatakan, upayanya menemui Jokowi secara langsung ingin me­nyam­paikan kondisi masyarakat Sumbar terutama di bidang pertanian. Lebih lanjut ia me­ngatakan pemerintah perlu memperhatikan kondisi sulit yang dialami masyarakat di bidang pertanian.

“Kami ingin memberikan surat ini kepada Presiden, sebab sebelumnya sudah men­coba ke Pemko dan Pemprov, tapi tak ada tanggapan,” tu­tur­nya.

Ditambahkannya, upaya ini pun sudah dilakukannya sejak malam dan selalu mencoba mencari celah untuk bertemu Presiden. Tapi, ketatnya pe­nga­manan membuatnya urung menyerahkan surat itu langsung kepada Presiden. Dia me­nga­takan, keinginan menyerahkan surat itu kepada Presiden ka­rena memang parahnya kondisi ekonomi bidang pertanian di Sumbar.

Sementara Kapolresta Pa­dang, Kombes Pol Wisnu An­dayana melalui Kapolsekta Padang Barat, Kompol Su­mintak menjelaskan, tiga ma­hasiswa ditangkap karena men­coba merobos pengamanan ring satu. Tapi, setelah di­interogasi petugas gabungan dari TNI dan polisi, ketiganya dilepaskan.

“Ketiga mahasiswa itu dilepaskan setelah dilakukan interogasi oleh petugas. Mereka murni ingin memberikan surat itu saja,’ jelasnya. (h/rvo)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]