Sejumlah Nama Mengapung

Pilwana Sitiung Mulai Menghangat


Rabu, 13 April 2016 - 13:28:07 WIB

DHARMASRAYA, HALUAN — Pemilihan Walinagari (Pilwana) Nagari Sitiung mulai memanas. Beberapa nama tokoh masyarakat setempat disebut-sebut akan maju pada Pilwana serentak Oktober mendatang, tidak ketinggalan incumbent walinagari saat ini ikut meramaikan pesta demokrasi nagari itu.

Menurut salah seorang warga setempat kepada Ha­luan, memang Pilwana se­ren­tak di Kabupaten Dhar­mas­raya masih ada beberapa bulan lagi, tapi mulai saat ini tidak dapat dipungkiri ada beberapa nama disebut sebut akan maju menjadi orang nomor satu di Nagari Sitiung.

Nama nama tersebut adalah H.Syafriadi, Wili Pardi dan Hasanudin, begi­tu pula walinagari saat ini Syariffudin juga ikut me­ramaikan Pilwana di nagari yang bercampur dengan ekstarans tersebut.

Nama H.Syafriadi me­rupakan salah seorang to­koh masyarakat setempat, se­dangkan Wili Pardi dan Hasanuddin merupakan ke­pala jorong di nagari yang ba­nyak peninggalan sej­a­rahnya.

Namun Hasanuddin yang sempat ditanya Haluan membantah akan maju pada Pilwana mendatang, tapi kalau memang desakan cu­kup kuat maka ia siap maju bertarung.”Saya ber­ke­mung­­­kinan tidak akan maju dalam Pilwana mendatang, tetapi kalau desakan cukup kuat dari masyarakat, maka saya siap,”ungkap Hasanud­din yang juga insan pers itu.

Begitu pula Syariffudin yang masih menjabat saat ini, mengaku akan maju kem­bali untuk melanjutkan program program yang su­dah ia lakukan selama ini, namun semuanya itu ter­pu­lang kembali kepada ma­syarakat.

Walinagari terbaik pada lomba kompetensi wali­na­gari bidang adat dan budaya tingkat Sumbar tahun 2015 lalu itu, mengaku akan terus memberikan yang terbaik buat nagarinya, karena ia sebelum menjadi walinagari sudah banyak berkiprah nagari itu, mulai dari ketua pemuda dan masih banyak posisi penting lainnya di nagari yang ia pegang se­belum di percaya menjadi walinagari.     “Saya siap untuk terus memacu pem­bangunan Nagari Sitiung jika masih di beri amanah oleh masyarakat,” tuturnya.

Di tempat terpisah, Ka­bag Tata Administrasi Pe­me­rintahan (Tapem) Se­kre­tariat Daerah Kabupaten Dharmasraya, Asril,M.Si, yang ditanya Haluan terkait Pilwana serentak men­je­las­kan, untuk payung hukum Pilwana sudah di syahkan oleh DPRD beberapa waktu lalu, karena ada beberapa item dari Perda tersebut dirobah sesuai dengan un­dang undang yang baru.

Misalnya saja untuk Pil­wana mendatang, calon wa­linagari harus benar benar berdomisili di nagari ter­sebut, termasuk factor umur dan lainnya, kemuidan Ba­mus Nagari juga sudah di lantik. Yang mana untuk perispan Pilwana tukuk Asril, Bamus Nagari meru­pakan sebagai liding sektor yang mempersiapkannya. (h/mdi)

 

 

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 19 Juni 2020 - 10:21:35 WIB

    Pelaksanaan Pilwana Serentak di 24 Nagari Tunggu Keputusan Bupati Pasaman

    Pelaksanaan Pilwana Serentak di 24 Nagari Tunggu Keputusan Bupati Pasaman HARIANHALUAN.COM - Dinas Pemberdayaan Masyarakat (DPM) Kabupaten Pasaman, belum bisa memastikan kapan pelaksanaan pemilihan walinagari (Pilwana) serentak dilanjutkan, usai ditunda akibat pandemi Covid-19, beberapa waktu lalu..
  • Rabu, 04 September 2019 - 11:57:00 WIB

    Lancar dan Aman, 40 Nagari di Kabupaten Sijunjung Helat Pilwanag Serentak

    Lancar dan Aman, 40 Nagari di Kabupaten Sijunjung Helat Pilwanag Serentak SIJUNJUNG,HARIANHALUAN.COM-Pelaksanaan pencoblosan di sejumlah TPS di Kabupaten Sijunjung pada pemilihan wali nagari (Pilwanag) serentak  di 40 Nagari berlangsung aman  dan lancar, Rabu (4/9)..
  • Rabu, 24 Juli 2019 - 18:02:49 WIB

    Fahrezi Menangi Pilwana PAW Nagari Lingkuang Aua Pasaman Barat

    Fahrezi Menangi Pilwana PAW Nagari Lingkuang Aua Pasaman Barat PASAMAN BARAT, HARIANHALUAN.COM— Fahrezi, S.IP, M.A terpilih menjadi Wali Nagari Pergantian Antar Waktu (PAW) Nagari Lingkuang Aua, Kecamatan Pasaman, Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) setelah mendapatkan suara terbanyak dar.
  • Rabu, 10 Juli 2019 - 23:45:57 WIB

    29 Nagari di Agam Akan Melaksanakan Pilwana E-Votting

    29 Nagari di Agam Akan Melaksanakan Pilwana E-Votting AGAM,HARIANHALUAN.COM— Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Nagari (DPMN) Kabupaten Agam, Teddy Martha menyebutkan, sebanyak 29 nagari di 14 kecamatan akan menggelar Pemilihan Wali Nagari (Pilwana) serentak secara e-vot.
  • Ahad, 25 Maret 2018 - 17:35:31 WIB

    Pilwana Situjuah Batua, DV Dt Tan Marajo Unggul

    Pilwana Situjuah Batua, DV Dt Tan Marajo Unggul Dari hasil penghitungan suara yang dilakukan sejumlah masyarakat Nagari Situjuah Batua diketahui, DV Dt Tan Marajo unggul dengan 1.718 suara. Disusul, Dasferi dengan 391 suara, Dasril Azmi dengan 330 suara, dan Syafrizon deng.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]