Satpol PP Tak Lengah Tegakkan Perda


Rabu, 13 April 2016 - 13:42:33 WIB

PADANG PANJANG, HALUAN — Banyaknya tugas sampingan yang diberikan kepada Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Padang panjang, membuat lembaga penegak Peraturan Dae­rah (Perda) itu, harus bisa mem­buat skala prioritas dalam me­lak­sanakan tugas rutinnya.

“Kita memang tidak me­nampik, saat ini Satpol PP di­iba­ratkan sebagai instansi serba bisa dan serba ada. Selain sebagai penegakan Perda sebagai tugas pokok, kita juga memberikan back up terhadap berbagai ke­giatan-kegiatan yang di­lak­sa­nakan oleh sejumlah SKPD,” sebut Kepala Satpol PP Kota Padang Panjang Yoni Aldo, ke­tika ditemui Selasa (12/1) ke­marin.

Dikatakannya, diantaranya tugas sampingan itu, Satpol PP diberikan tugas untuk me­la­kukan pengamanan dan mem­bantu pedagang di kawasan pasar, melakukan uji petik restribusi ter­minal dan menjadi re­sep­sionisi di Balaikota setempat.

“Kita melaksanakan kegiatan tersebut dengan positif saja, karena Satpol PP tugasnya mem­berikan pengayoman dan ke­tetra­man bagi masyarakat. Sehingga, disaat sejumlah SKPD meminta back up kepada Satpol PP, kita akan menurunkan per­sonil,” sebut Yoni Aldo.

Meskipun disibukkan dengan tugas sampingan, tetapi Yoni Aldo mengakui, dalam me­lak­sanakan pengamanan dan pe­negakan Perda, pihaknya tidak boleh lengah, termasuk juga menegakan keamanan dan ke­tertibam umum (Trantibum)  di tengah-tengah masyarakat.

“Setiap harinya, kita selalu melaksanakan patroli rutin di kawasan Padang Panjang, baik itu siang maupun malam hari. Khu­sus untuk daerah-daerah yang dicurigai sebagai lokasi per­buatan maksiat, kita juga me­nem­patkan personil khusus yang akan memantau kegiatan melanggar di kawasan itu, sehingga tidak ada lagi ruang untuk perbuatan mak­siat di Kota Padang Panjang,” jelasnya.(h/mg-pis)

 

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]