Anak Yatim Mendapatkan Santunan

Pemakaian Kantor Baru PA Lubuksikaping Diresmikan


Rabu, 13 April 2016 - 14:20:38 WIB
Pemakaian Kantor Baru PA Lubuksikaping Diresmikan Bupati Pasaman H Yusuf Lubis melakukan pengguntingan pita pertanda peresmian Kantor Pengadilan Agama Lubuksikaping, sekaligus syukuran menempati gedung baru.

PASAMAN, HALUAN — Sebanyak 20 anak yatim mendapatkan santunan pa­da acara syukuran menaiki kan­tor baru Pengadilan Agama (PA) Lubuk­sika­ping, Selasa (12/4), yang diserahkan lang­sung oleh Ketua Pengadilan Tinggi Agama Padang, Idris Mah­mudi.

 Kantor yang berdiri megah di kawasan Jorong Batuang Baririak Nagari Tan­jung Beringin Ke­ca­matan Lubuksikaping itu, dibangun sejak beberapa tahun yang lalu. Peng­gunaan ge­dung baru ini merupakan kebutuhan bagi pengadilan agama dalam menjalankan tugas dan fungsinya sebagai penyelenggara tegaknya hukum Islam di daerah itu.

 Acara syukuran ini, juga merupakan me­nyam­but kedatangan ketua PA yang baru, Taufik Ridha, yang baru bertugas di PA Lubuksikaping sejak satu bulan terakhir.

Turut hadir dalam aca­ra tersebut, Ketua Pengadilan Tinggi Agama Padang  H. Idris Mahmudi, Bupati Pa­saman Yusuf Lubis, Ketua Pe­ngadilan Agama Lu­buk­si­kaping  Taufiq Ridha, pim­pinan Muspida Ka­bu­pa­ten Pasaman, sejumlah Ke­tua Pengadilan Agama di Su­matera Barat, Kepala SKPD dan tokoh ma­sya­rakat.

Wakil Ketua Pengadilan Agama Lubuksikaping, Mu­hammad Zein selaku panitia acara, menyampaikan uca­pan terima kasih kepada selu­ruh undangan, dan pihak per­bankan yang telah ber­par­tisipasi untuk men­du­kung acara itu. Kata dia, se­moga dengan adanya gedung baru ini pelayanan terhadap keadilan bisa berjalan de­ngan prima.

Sementara itu, Ketua Pengadilan Agama Taufiq Ridha menyebutkan,  ia tidaklah berarti apa-apa da­lam menjalankan tugasnya, ji­kalau tidak didukung oleh semua elemen pe­me­rin­tahan, pimpinan instansi vertikal dan masyarakat sekitar. Karena itu, du­kungan dari semuanya sa­ngat diharapkan dalam men­­jalankan tugas dan fung­si lembaga pengadilan aga­ma di daerah itu.

Demikian juga, Bupati Pasaman Yusuf Lubis men­jelaskan bahwa acara syu­kuran penempatan ge­dung baru ini merupakan mo­men­tum amat baik. Per­alihan status dari pe­nga­dilan agama di bawah Ke­menterian Aga­ma ke Mah­kama Agung, bisa dijadikan tonggak awal independensi kekuasaan kehakiman se­cara utuh.

Untuk itu, Bupati meng­harapkan kepada Ketua Pe­nga­dilan Agama Lu­buk­sikaping untuk dapat me­ning­kat kordinasi terkait de­ngan permasalahan hu­kum da­lam masyarakat di daerah itu.

Yusuf Lubis me­ngu­cap­kan selamat datang pada Ketua Pengadilan Agama yang baru, Taufiq Ridha, di Pasaman. Semoga keha­diran ketua pengadilan aga­ma yang baru dapat ter­jalin kerja sama dengan baik de­ngan Forkompinda Pas­a­man.

Ketua Pengadilan Ting­gi Agama Padang Idris Mah­mudi mengingatkan pen­­tingnya Ketua Pe­ngadilan Agama dan jajarannya untuk menjaga silaturahmi dengan pemimpin daerah setempat guna meningkatkan ke­sa­daran hukum dan keadilan.

Mengenai pem­ba­ngu­nan gedung baru ter­sebut, Idris Mahmudi me­ne­kan­kan agar pada pihak pem­borong pe­nger­jaan gedung di­lak­sanakan harus sesuai dengan perencanaan. (h/col)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 19 Juni 2019 - 16:06:45 WIB

    TNI Sosialisasikan Pemakaian Bios 44

    PAYAKUMBUH, HARIANHALUAN.COM -- Sebagai realisasi tugas pokok TNI dalam operasi militer selain perang, (OMSP) maka Koramil 01/Payakumbuh maksanakan fungsi pembinaan teritorial sala satunya dengan selalu menjalin kerjasama den.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]