Kampung KB Tuntaskan Kemiskinan


Rabu, 13 April 2016 - 14:46:26 WIB
Kampung KB Tuntaskan Kemiskinan

PADANG, HALUAN — Potret Kemiskinan di Kota Padang ada di 11 kampung Ke­luarga Berencana (KB). Kampung KB ini mem­perlihatkan betapa kemiskinan masih banyak menghampiri ibu kota provinsi ini, seperti keluarga yang tidak memilik jam­ban, rumah tak layak huni dan putus sekolah.

Menurut Badan Pemberdayaan Masya­rakat Perempuan dan Keluarga Berencana (BPMPKB) Muji Susilawati sesuai dengan program presiden Republik Indonesia Jokowi, Keluarga Berencana (KB) tidak hanya mengurus soal dua anak cukup.

Sekarang Kampung KB menuntaskan kemiskinan yang masih di alami oleh warga Kota Padang. Jika di lihat keberadaan kampung KB di Kota Padang, bisa di­masukkan ke dalam program penuntasan kemiskinan. “Kampung KB ini merupakan program pak Jokowi, dan sudah di­canang­kan be­be­rapa waktu. Kebetulan juga pro­gram Kota Padang untuk menuntaskan kemiskinan sama dengan program Kam­pung KB,”tutur Muji Susilawati.

Ia menambahkan, dengan kondisi Kam­pung KB yang memprihatinkan itu bisa diselaraskan program SKPD yang sudah ada. Karena anggaran yang ada di BPMPKB tidak cukup untuk menuntaskan persoalan yang adi di kampung KB. “Persoalan di kampung KB itu lengkap sebagai potret kemiskinan. Sebut saja, jalan yang belum diaspal, mesjid yang bertahun tidak digunakan, jamban tidak ada, anak putus sekolah hingga kawin cerai masya­rakatnya,”tandas Muji lagi.

Dengan begitu, tambah Muji seperti program aspal ada di betonisasi di Dinas Pekerjaan Umum (PU). Program anak putus sekolah ada di SKPD Dinas Pen­didi­kan Kota Padang, program rumah tidak layak huni ada di Basnas dan Dinas Sosial.

“Kampung KB kita ada di 11 keca­matan di Kota Padang sesuai dengan SK walikota nomor 77 tahun 2016,”kata Muji.

Kampung KB di Koto Tangah ada di Kelurahan Parupuk Tabing, di Kecamatan Padang Barat di kelurahan Purus. Keca­matan Padang Timur kelurahan Jati, Kecamatan Kuranji di Kelurahan Kuranji, Kecamatan Naggalo di Kelurahan Kurao Pagang, di Kecamatan Pauh di Kelurahan Limau Manis Selatan.

Di Kecamatan Lubeq Kelurahan Gates, di Kecamatan Luki Kelurahan Beringin dan di Kecamatan Bungus di Kelurahan Bungus Selatan. “Karena program Kampung KB ini ada di 11 kecamatan makanya kita minta juga peran aktif camat,”tambah Muji Susilawati.

Sedangkan penuntasan Kampung KB ini akan ditargetkan tahun 2017 men­datang. Kemudian di tahun tersebut anggaran khusus untuk menuntaskan kemiskinan di Kampung KB akan dianggarakan.  (h/ows)

 

 

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]