Penarikan SMA/SMK ke Provinsi Butuh Anggaran Rp300 Miliar


Rabu, 13 April 2016 - 15:30:12 WIB

PADANG, HALUAN — Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Sumbar, Syamsulrizal mengatakan, hingga saat ini Pemprov Sumbar masih menghitung-hitung anggaran untuk penarikan kewenangan SMA/SMK. Ada enam daerah sekolah gratis dan 13 daerah sekolah yang dibiayai Kabupaten/Kota sebelumnya yang nantinya akan ditarik ke Provinsi.

“Dari estimasi sementara itu butuh dana hingga Rp300 miliar lebih, ” katanya melalui sambungan telepon Selasa, (12/4) malam di Padang.

Ditegaskan Syamsulrizal, penghitungan ini ditargetkan akan siap pada Juni mendatang.

Kedisdikbud Sumbar mengemukakan hal itu menanggapi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumbar menilai Pemprov Sumbar perlu mencari tambahan anggaran sebesar Rp145 miliar untuk penarikan kewenangan SMA/SMK ke provinsi.  Dana itu belum termasuk gaji honorer yang juga akan dibawa dari Kabupaten/Kota sepenuhnya. Sedikitnya ada 8.100 tenaga honorer yang nantinya akan dibawa ke provinsi tahun ini.

Wakil Ketua DPRD Sumbar, Arkadius Dt. Intan Bano mengatakan, DPRD telah menyiapkan anggaran, pengawasan dan monitoring. DPRD juga telah mengingatkan Pemprov Sumbar bahwa penarikan kewenangan ini bukan semata hanya pengalihan pegawai dan aset ke provinsi.

“ Jangan sampai nanti ketika peralihan ini malah terjadi stagnasi yang menyebabkan turunya kualitas pendidikan, turunnya peringkat pendidikan Sumbar, karena masing-masing saling lempar dan tidak mau bertanggung jawab,” ujarnya kepada Haluan Selasa, (12/4) di Gedung DPRD Sumbar. Sedikitnya ada 21.000 pegawai SMA/SMK dari Kabupaten/Kota yang akan dibawa ke provinsi pada 2017 mendatang. Dimana di antaranya 13.000 guru Pegawai Negeri Sipil (PNS), 8.100, guru honorer dan lebihnya pegawai labor, Tata Usaha (TU) dan bengkel. (h/isr)

 

 

 

 

 

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]