Sungai Tohor Percontohan Gambut Nasional


Kamis, 14 April 2016 - 02:51:52 WIB

MERANTI, HALUAN — Kepala Badan Restorasi Gabut Republik Indonesia, Nazir Foead, mengatakan, Desa Sungai Tohor, Kecamatan Tebingtinggi Timur, Kabupaten Kepulauan Meranti, akan dijadikan sebagai pusat penelitian dan percontohan pe­ngelolaan gambut secara nasional.

Sungai Tohor menjadi lokasi prioritas utama dalam rangka program restorasi gambut yang diprogramkan Pemerintah Pusat saat ini.

Begitu besarnya perhatian Presiden RI, Joko Widodo, terhadap wilayah ini, sehingga dalam Perpres No 1 Tahun 2016, Meranti menjadi prioritas utama restorasi gambut dari 7 provinsi yang ada di Indonesia.

“Joko Widodo sangat terkesan saat menginjakkan kakinya di desa ini dengan ke arifan lokal dalam mempertahankan kebe­radaan sagu yang umumnya menjadi tana­man unggulan di Meranti.

Dengan membangun sekat kanal yang dilakukan masyarakat Tebingtinggi Timur kala itu, serta upaya masyarakat mengan­tisipasi kebakaran hutan dan lahan menjadi pertimbangan tersendiri buat presiden hingga menerbitkan peraturan presiden itu,” ungkap Nazir, saat memberikan sambutan pada acara Kenduri Aksi Resto­rasi Gambut, yang dilaksanakan di Desa Sungai Tohor, Kecamatan Tebingtinggi, Selasa kemarin.

Diungkapkan Nazir, dalam aksi restorasi tersebut, yang akan mereka lalukan pertama adalah, pemetaan tentang wilayah yang akan direstorasi. Akan memilah terlebih dulu mana lahan atau hutan lindung dan mana lahan yang sudah dimiliki korporasi, serta masyarakat.

“Dengan demikian, akan diketahui kondisi lahan untuk selanjutnya dilakukan aksi. Tentu saja tetap berkoordinasi dengan pihak terkait, sehingga upaya pemulihan kembali lahan gambut yang rusak bisa dilakukan dalam tenggat waktu yangb ditentukan,”kata Nazir.

Diungkapkan juga, berkaitan dengan program restorasi pihaknya akan melakukan kajian dan pengembangan tanaman yang sesuai dengan tanah gambut. (mg3)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 08 Desember 2019 - 08:36:58 WIB

    Sumarak FPM 2019, Sungai Tarab Juara Media Tradisional

    Sumarak FPM 2019, Sungai Tarab Juara Media Tradisional TANAH DATAR, HALUAN - Acara Pemilihan Media Tradisional 2019 yang digagas Pemerintah Kabupaten Tanah Datar melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo), dapat memberikan warna baru dalam penyampaian informasi seluas-.
  • Senin, 23 September 2019 - 19:57:18 WIB

    Puluhan Perahu Hias Berlayar di Karnaval Arung Pamalayu Sungai Batanghari

    Puluhan Perahu Hias Berlayar di Karnaval Arung Pamalayu Sungai Batanghari DHARMASRAYA, HARIANHALUAN.COM - Karnaval Arung Pamalayu membuka peringatan hari kemaritiman yang ke-55 di Komplek Candi Pulau Sawah, Kabupaten Dharmasraya, Provinsi Sumatra Barat, Senin (23/9)..
  • Ahad, 21 Juli 2019 - 16:21:50 WIB

    Jembatan Kabel Stayed Sungai Dareh Jadi Daya Tarik bagi Wisatawan

    Jembatan Kabel Stayed Sungai Dareh Jadi Daya Tarik bagi Wisatawan DHARMASRAYA, HARIANHALUAN.COM - Kemolekan arsitektur jembatan kabel kebanggaan Dharmasraya yang berdiri kokoh di sungai dareh menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan luar daerah, memasuki liburan akhir pekan menjadi tem.
  • Senin, 21 November 2016 - 00:12:31 WIB

    Sungai Nilo Meluap, Puluhan Rumah Terendam Banjir

    Sungai Nilo Meluap, Puluhan Rumah Terendam Banjir PANGKALAN KERINCI HALUAN — Sungai Nilo di Desa Lubuk Kembang Bunga, Kecamatan Ukui, Kabupaten Pelalawan, Riau, meluap dan merendam puluhan rumah milik warga. Akibatnya, sejumlah warga terpaksa mengungsi ke rumah kerabat ter.
  • Sabtu, 10 September 2016 - 02:46:55 WIB

    Pelabuhan Sungai Perak Tak Kunjung Diperbaiki

    Pelabuhan Sungai Perak Tak Kunjung Diperbaiki TEMBILAHAN, HALUAN — Dermaga Pelabuhan Kelurahan Sungai Perak, Kecamatan Tem­bilahan roboh, sejak dua bulan lalu hingga kini belum kunjung diperbaiki Pemkab Inhil. Kondisi ini, tentunya menyulitkan akses transportasi warga.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]