Yappas Peringati Dies Natalis dan Reuni Akbar


Kamis, 14 April 2016 - 02:54:29 WIB
Yappas Peringati Dies Natalis dan Reuni Akbar Bupati Pasbar, H. Syahiran didampingi Bupati Pasaman, H. Yusuf Lubis, Ketua YAPPAS, Saleh Lubis dan Wakil Bupati Pasbar, Yulianto serta Musliar Kasim, mantan Wakil Menteri Pendidikan RI disambut pada acara dies natalis YAPPAS. (ANDIKA)

PASBAR, HALUAN — Dies Natalis dan Renuni akbar Yayasan Pendidikan Pasaman (Yappas) ke-32 tanggal 11 April lalu di Kampus Yappas Ophir Luhak Nan Duo Simpang Empat, Pasbar .memberikan kesan dan semangat baru bagi seluruh civitas akademik Yappas. Acara tersebut, telah mengisahkan, bahwa Yappas merupakan perguruan tinggi besar dan memiliki alumni orang-orang hebat.

Betapa tidak, Dies Na­talis itu kendati disuguhkan dengan kesederhanaan, tapi dihadiri tokoh-tokoh pen­ting nasional, Kabupaten Pasaman Barat dan Pasa­man.

Hadir sejumlah tokoh Pasaman Barat dan Pasa­man serta Sumatera Barat. Hebatnya Dies Natalis itu, dihadiri dua bupati. Bupati Pasaman, H. Yusuf Lubis dan Bupati Pasaman Barat, H. Syahiran. Juga hadir Mantan Wakil Menteri Pen­didikan RI, Mantan Rektor Unand, Musliar Kasim.

Hal inilah yang menjadi pelecut semangat, baik bagi mahasiswa, dosen serta selu­ruh pengurus Yappas untuk terus maju, berkiprah dalam rangka memajukan pendi­dikan nasional dan mence­tak para intelektual yang berkualiats dan berkom­petensi.

Bupati Kabupaten Pasa­man Barat, Syahiran yang hadir pada acara tersebut  berjanji akan memajukan dunia pendidikan di daerah­nya dengan membantu ang­garan dan tenaga pendidik yang handal.

“Sesuai dengan visi dan misi yang saya usung, maka kami sepakat akan men­jadikan pendidikan dan ke­se­hatan skala prioritas pem­bangunan kedepan,” kata­nya.

Menurutnya pendidikan Pasaman Barat saat ini jauh tertinggal dari kabupaten/kota lainnya di Sumbar. Untuk hasil Ujian Nasional Pasaman Barat berada dipe­ringkat ke-18 dari 19 kabu­paten/kota di Sumbar.

“Tentunya memajukan pendidikan harus didorong oleh semua pihak dan tidak bisa saja dilakukan oleh pemerintah,” ujarnya.

Ia menyatakan sepan­jang ada aturan yang bisa melegalkan untuk mem­bantu anggaran perguruan tinggi seperti Yappas  maka pihaknya akan segera meng­anggarkannya.

Ia mengakui bahwa da­lam usia Yappas yang telah 32 tahun telah banyak mem­berikan kontribusi untuk dunia pendidikan di Kabu­paten Pasaman maupun di Pasaman Barat khususnya dan Sumbar umumnya.

Ia mengajak para alumni Yappas di Pasaman dan Pasaman Barat agar bersatu padu untuk memajukan al­ma­mater dan dunia pen­didikan di Pasaman Barat. Baik bagi alumni yang ada di Pasaman Barat maupun luar Sumbar.

Ketua Panitia yang seka­ligus Wakil Bupati Pasaman Barat, Yulianto bertekad akan menjadikan Yappas akan menjadikan perguruan tinggi swasta yang menjelma jadi peguruan tinggi terbaik di Indonesia.

“Kami semua memiliki pandangan yang sama untuk memajukan pendidikan di Pasaman Barat, termasuk Yappas,” katanya.

Hal yang sama juga di­sam­paikan oleh Ketua De­wan Pembina sekaligus Bu­pati Kabupaten Pasaman, Yusuf Lubis bahwa dunia pendidikan di Pasaman Ba­rat akan diperhatikan.

“Kami akan mengalo­kasikan 20 persen anggaran pendidikan lima tahun ke depan,” sebutnya.

Sementara itu Guru Be­sar Universitas Andalas yang juga mantan Wakil Mentri Pendidikan Nasional RI, Prof Musliar Kasim pada orasi ilmiahnya me­nga­takan peranan pen­didi­kan tinggi dam pemba­ngu­nan daerah sangat penting.

“Pendidikan adalah pon­dasi masa depan, pendi­dikan adalah senjata paling ampuh yang dapat digu­nakan untuk merubah du­nia,” katanya.

Ia menambahkan hingga saat ini masih banyak masya­rakat yang belum sadar arti pendidikan untuk kehi­du­pan yang lebih baik.

“Masih terlihat dibebe­rapa daerah ada anak usia sekolah yang tidak duduk dibangku sekolah. Untuk itulah pemerintah masih harus bekerja ekstra keras agar bangsa Indonesia ikut merubah dunia melalui kon­tri­businya dalam berbagai bidang,” tegasnya. (h/dka/fad)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]