Penghuni TMSBK Bertambah Lagi


Kamis, 14 April 2016 - 02:56:54 WIB

BUKITTINGI, HALUAN — Seekor Zebra betina me­la­hirkan di Taman Marga Satwa Budaya Ki­nantan (TMSBK) Bu­kittingi. Kela­hiran anak Zebra betina ini sekaligus menambah ko­leksi satwa baru di TMSBK.

Kelahiran anak Zebra di TMSBK, tidak saja men­dapat perhatian dari pe­ngunjung yang datang ke TMSBK, na­mun juga men­dapat perhatian dari Pemko Bukittinggi.

Selasa (12/4), Wakil Walikota Bu­kittinggi Irwandi, didampingi Wakil Ketua DPRD Trismon, Ka­bag Humas Yul­man, Kepa­la Bappeda Yunizar dan Ka­bid TMSBK Iqbal me­ngun­jungi tempat kelahiran anak Zeb­ra ini di TMSBK.

“Kehadiran anak Zebra ini tidak hanya menambah koleksi satwa baru di TM­SBK, tapi juga menjadi pe­ningkatan daya tarik bagi pengunjung. Kita mem­be­rikan apresiasi kepada pi­hak TMSBK yang ber­hasil me­ngembangbiakkan satwa-satwa yang ada di TM­SBK ini. Sebelumnya ada anak harimau dahan dan ha­rimau sumatra yang  lahir di TM­SBK ini,” ujar Irwandi.

Sementara itu, Kabid TM­SBK Bukittinggi Iqbal me­ngatakan seekor Anak Zebra ini lahir pada Senin (11/4) malam, sekitar pukul 23.00 WIB. Proses kela­hirannya berjalan dengan normal dan sehat. Anak Zebra yang lahir  itu meru­pakan hasil per­ka­winan da­ri Zebra Jantan yang berna­ma Obama  dan induk Zeb­ra betina yang bernama Mercy.

Menurut Iqbal, petugas TMSBK mengetahui ke­la­hiran anak zebra itu pada Selasa pagi sekitar pukul 07.00 Wib. Saat petugas hendak memberikan maka­nan untuk Zebra, mereka terkejud meli­hat anak zeb­ra yang telah lahir tersebut. “Pasca melahirkan, kondisi anak zebra beserta in­duk­nya tlangsung diperiksa dokter hewan TMSBK. Da­ri hasil pemeriksaan kondisi ke­sehatannya baik  dan se­hat,” kata Iqbal.

Ia menambahkan, se­pa­sang induk Zebra itu meng­huni kandang TMSBK Bu­kittinggi semenjak 30 Mei 2015 lalu. Sepasang Zebra itu didapatkan sete­lah TM­SBK Bukittinggi menga­dakan ker­ja­sama per­tu­karan satwa de­ngan Batu Secret Zoo atau Kebun Bi­na­tang Batu, Jawa Timur Park, yang berlokasi di Kota Batu, Malang. 

“Setahun Di TMSBK se­pa­sang zebra itu berhasil melahirkan Anak zebra. Me­lihat  kondisi perut in­duk zebra tersebut seper­tinya masih ada 1 anak lagi yang akan dilahirkan. Kare­na bia­sanya zebra mela­hirkan sepa­sang Anak. Se­be­lumnya Induk zebra be­tina itu hamil saat sudah berada di Bukittinggi,” te­rang Iqbal. (h/tot)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu, 09 Juli 2016 - 14:22:40 WIB
    JIREK JORONG KOTO LAMBAH GUMANTI

    Satukan Pemudik dan Penghuni Kampung dengan Kemeriahan Panjat Pinang

    Satukan Pemudik dan Penghuni Kampung dengan Kemeriahan Panjat Pinang LEMBAH GUMANTI, HALUAN -- Mengisi Lebaran, pemuda Jirek, Jorong Koto, Nagari Aie Dingin, Kecamatan Lembah Gumanti menggelar acara panjat pinang. Kegiatan tahunan ini bertujuan untuk menyatukan perantau dengan masyarakat nagar.
  • Kamis, 21 Januari 2016 - 03:29:43 WIB

    TMSBK Bukittinggi Tunggu Penghuni Baru

    BUKITTINGGI, HALUAN — Setelah kelahiran dua bayi Harimau Sumatera, kini pe­ngelola Taman Marga Satwa Budaya Kinantan (TMSBK) atau Kebun Binatang Bukit­tinggi kembali menantikan kelahiran Zebra yang saat ini terdeteksi sed.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]