Bukittinggi Bersiap Raih APE 2016


Kamis, 14 April 2016 - 02:57:37 WIB

Bukittinggi, Haluan — Menjelang penilaian Anugerah Parahita Ekapraya (APE) Kota Bukittinggi tahun 2016, Pemko Bukittinggi melalui Kantor Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (PPKB) Kota Bukittinggi melakukan Advokasi dan evaluasi terhadap APE tersebut.

Kegiatan  Advokasi dan Evaluasi dibuka oleh Wakil Walikota Bukittinggi H. Irwandi,di Hall Balaikota Bukittinggi, Selasa (12/4).

Kepala Kantor PPKB  Tati Yasmarni mengatakan  Anugerah Parahita Ekap­raya (APE) adalah sebagai bentuk pengakuan atas ko­mitmen dan peran para pim­pinan Kementrian/Lembaga dan Pemerintah Daerah dalam upaya mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender melalui Strategi Pe­ngarusutamaan Gender (PUG).

Penghargaan APE su­atu penghargaan terhadap pra­karsa dan prestasi yang dica­pai dan menunjukan kondisi dan kesejahteraan orang lain dalam kaitannya dengan pencapaian ke­sejahteraan gender, pemberdayaan pe­rem­puan dan perlindungan anak di daerah.

“Ada Tiga Kategori Pe­ne­rima  APE tersebut, yak­ni untuk tingkat Pratama (Pemula), Tingkat Madya (Pengembang) dan Tingkat Utama (Peletakan dasar dan Keberlanjutan).

Alham­dulillah pada tahun 2013 ­dan 2014 lalu kota Bu­kit­tinggi berturut turut mene­rima anugerah APE di ting­kat Madya tersebut,” ujar Tati.

Menurut Tati, kegiatan Advokasi dan Evaluasi yang dilaksanakan untuk mem­persiapkan Bukit­tinggi da­lam penialai APE 2016.

Ada tiga hal yang men­jadi per­hatian dalam pe­nilaian ini, diantaranya Ko­mitmen Pem­ko Bukittinggi dan ma­syarakat, keber­piha­kan Pem­ko beserta masya­rakat terhadap pem­berda­yaan dan perlindungan pe­rem­puan, keberpihakan Ko­ta Bukittinggi dalam mem­bangun komitmen sebagai kota Layak Anak.

Wakil Walikota Bukit­tinggi  Irwandi menga­ta­kan, masalah kekerasan rumah tangga cukup banyak terjadi saat ini.

Dengan advokasi dan evaluasi yang dilaksanakan diharapkan kesenjangan itu dapat dite­kan. (h/tot)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]